Strategi Offpage SEO Part 1 : Pendahuluan

Seperti yang telah kita bahas pada bab sebelumnya bahwa, agar halaman website kita memiliki rangking yang baik di hasil pencarian search engine setidaknya memiliki 2 faktor utama yaitu faktor internal (onpage SEO) dan factor eksternal (offpage SEO).

Sebenarnya cukup kita melakukan teknik onpage SEO saja kita sudah bisa merangking dengan baik di search engine, maka jangan heran apabila banyak website yang tidak melakukan optimasi offpage  tetapi website mereka bisa mendapatkan rangking dengan baik di search engine.

Akan tetapi karena onpage SEO ini bisa diterapkan oleh siapa saja dengan mudah, maka apabila banyak website yang menerapkan hal yang sama search engine menjadi kebingungan untuk menentukan rangking di halaman pencarian, oleh karena itu search engine melihat factor lain dari website tersebut untuk menentukan rangking di hasil  pencarian dan factor lain tersebut salah satunya offpage SEO.

Offpage SEO adalah optimasi yang dilakukan dihalaman website lain akan tetapi bisa memberikan keuntungan yang baik terhadap website kita, inti dari offpage SEO adalah seberapa banyak website lain yang meberikan link (rekomendasi) terhadap website kita.

Semakin banyak website lain yang memberikan link ke website kita maka efeknya semakin bagus buat posisi rangking website kita dan  karena webmaster website lain tersebut tidak mungkin menautkan link ke website yang tidak  berkualitas sehingga ini yang membuat masukan buat search engine untuk menetukan website mana saja yang lebih berkualitas.

Link yang mengarah ke suatu situs web disebut juga dengn istilah “ Backlink ” jadi banyaknya backlink situs web kita adalah banyak link  dari website lain yang mengarah ke halaman web kita, asalkan backlink tidak dibuat dengan spam maka berapapun banyaknya backlink cukup berpengaruh buat posisi rangking halaman website kita.

Offpage SEO cukup signifikan dalam penentuan posisi rangking, karena tidak semua orang pandai melakukan offpage SEO terutama dalam jumlah yang besar, dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang lama untuk bisa enguasai teknik offpage SEO dengan baik.

Para pelaku SEO berlommba-lomba mencari teknik backlingking yang terbukti ampuh dalam menaikan rangking halaman website yang dioptimasiya, banyak dari mereka yang melakukan massive backlinking dengan menggunakan software hanya untuk membuat sebanyak mungkin backlink dalam waktu cepat.

Offpage SEO ini memang melanggar pedoman webmaster dari hampir semua search engine termasuk google sehingga sangat memungkinkan kita untuk mendapatkan penalty, jadi diperlukan pemahaman dan strategi yang baik agar saat kita melakukan teknik offpage SEO tidak membuat website kita mendapatkan penalty dari search engine.

Strategi Offpage SEO Part 1 Pendahuluan

Kenapa bisa terkena penalty? Karena search engine telah memberikan warning kepada para webmaster khususnya para pegiat SEO yang melakukan link building secara tidak natural yang bertujuan untuk mempengaruhi hasil pencarian di search engine.

Yang disebut link building tidak natural adalah link-link yang dibuat oleh pemilik web itu sendiri sedangkan search engine inginnya link-link itu dibuatnya oleh webmaster lain yang benar-benar merekomendasikan situs web lainnya yang dianggap bermanfaat.

Karena perbuatan ini termasuk curang bagi search engine akan tetapi ini tidak mengapa kita lakukan asalkan website kita benar-benar berkualitas dan sesuai dengan keyword yang kita optimasi agar membuat manfaat bagi pengunjung yang diberikan secara gratis oleh search engine.

Perkara penalty itu tidak harus kita khawatirkan secara berlebihan karena hampir semua search engine sangat hati-hati dalam melakukan penlty terhadap suatu situs web, karena kalau sedikit-sedikit penalty maka akan beradmapk negative bagi search engine itu sendiri.

Misalnya, kita cari halaman-halaman web yang sudah mendapatkan rangking bagus di search engine lalu kita berikan 1000 backlink dengan menggunakan software GSA atau software lainnya kemudian kita indexkan semua backlink tersebut, tindakan seperti ini jelas merupakan pelanggaran yang bisa berakibat penaly kepada website yang kita kasih backlink secara massive tadi.

Akan tetapi search engine mengetahui bahwa belum tentu pemilik website tersebut yang melakukannya, jadi search engine tidak serta merta langsung memberikan penalty, dan ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi kita pelaku SEO.

Untuk penalty, tidak semua website bisa dengan mudah mendapatkannya, website-website yang telah dipercaya oleh search engine cenderung lebih tahan terhadap penalty, misalnya coba kamu bikin 1juta backlink dengan menggunakan scrape box untuk situs facebook.com , saya yakin situs facebook tersebut tidak akan pernah mendapatkan yang namanya penalty dari search engine manapun.

Kenapa demikian? Karena situs facebook.com telah memiliki kepercayaan penuh dari hampir semua search engine, jadi search engine menganggap bahwa situs facebook.com ini memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat sehingga search engine tidak mau situs-situs yang memiliki reputasi baik di masyarakat hilang begitu saja dari index atau database yang sudah dimilikinya.

Sepertinya search engine memiliki filter 2 langkah sebelum memberikan penalty kepada situs web tertentu yang dianggap melanggar, maksudnya ketika search engine mendeteksi ada ketidakwajaran dari link yang mengarah ke suatu situs web tertentu maka search engine tidak serta merta langsung memberikan penalty, akan tetapi search engine melakukan pengecekan terlebih dahulu (mungkin dilakukan manual oleh human) baru setelah itu mereka menilai pakah situs web yang mencerugakan ini layak atau tidak diberikan penalty.

Biasanya untuk web baru cenderung akan lebih mudah terkena penalty, karena akan sangat aneh sekali apabila ada website yang masih baru tetapi sudah ada website lain yang merekomendasikannya dalam bentuk pemberian link ke witus tersebut.

Apalagi kalau link yang didapat dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cepat maka ini hampir-hampir dipastikan akan mendapatkan penalty, dan search engine tahu bahwa biasanya pihak yang melakukan optimasi itu adalah website baru yang ingin mendapatkan banyak traffic dalam waktu yang cepat.

Oleh karena itu untuk situs web baru yang akan dioptimasi hendaknya diawal-awal melakukan optimasi offpage SEO hendaknya mengutamakan kualitas link terlebih dahulu, setelah website cukup kuat dimata search engine ( domain authority minimal 15) kita bisa meningkatkan intensitas pembuatan backlink tersebut.

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Pembelajaran ini Dibuat Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Urutan Belajar Internet Marketing Bisa Dilihat di : https://belajarinternetmarketing.net/

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *