Penjabaran WordPress itu Apa dan Fungsinya Untuk Apa

Penjabaran WordPress itu Apa dan Fungsinya Untuk Apa

WordPress itu Apa dan Fungsinya Untuk Apa

Wordpress itu apa dan fungsinya

Penjabaran WordPress itu Apa dan Fungsinya untuk Apa penting bagi para pemula/orang awam di dunia maya, karena wordpress ini sudah terkenal. Tetapi buat sebagian orang yang masih awam/pemula akan bertanya-tanya tentang hal ini. Ok mimin akan langsung bahas ya, silakan disimak dengan baik.

WordPress adalah CMS (Content Management Sistem) yang sangat fleksibel untuk menciptakan sebuah situs, karena WordPress merupakan open source sehingga memudahkan untuk bisa memperoleh update, dan temen-temen bisa memasang banyak plugin atau themes di platform ini.

Menggunakan platform WordPress, temen-temen bisa dengan gampang membuat situs seperti profil perusahaan, situs toko online, situs marketplace dan masih banyak lagi. Cukup dengan menginstall themes/tema yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan, langkah berikutnya tinggal mencocokkan tampilan themes/tema dengan menginstall plugin berdasarkan kebutuhan temen-temen.

WordPress itu Sejarahnya Bagaimana Min?

WordPress awal mulanya dibuat tahun 2003 oleh team Matt Mullenweg dan memakai bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Dulunya WordPress dipakai untuk pembuatan cafeblog yang bertitik pusat pada pembuatan blog pribadi seperti friendster. Mungkin tidak banyak dari temen-temen yang tahu apa itu friendster karena sudah tidak populer saat ini dan mungkin aja sudah lewat zamannya hehehe..

Dulunya friendster muncul sebelum ada facebook dan digunakan sebagai media pertemanan tetapi tidak secanggih facebook. Seiring berjalannya waktu wordpress mengubah fungsinya menjadi CMS (Content Management Sistem) untuk CRUD (Create atau membuat, Read atau membaca, Update atau mengupdate, Delete untuk menghapus data di situs yang sedang temen-temen ciptakan)

Ada ga Platform Gratis WordPress?

apa itu wordpress dan fungsinya

Ada dunk… wordpress juga menyediakan platform membuat situs gratis dengan mudah, temen-temen bisa membuat situs di www.wordpress.com . Dengan menggunakan platform wordpress temen-temen dapat membuat situs dengan gampang dan gratis. Jika menggunakan wordpress.com temen-temen tidak perlu membayar untuk hosting dan domain, semuanya sudah disiapkan oleh wordpress. Wuih enak banget! ada tapinya temen-temen, domain situs temen-temen akan memiliki embel-embel wordpress.com. misalnya domain.wordpress.com

Tapi kalau temen-temen ingin membuat situs yang tampak lebih profesional dengan domain hanya berakhiran .com seperti domain.com, temen-temena harus keluar modal investasi beli domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Simak aja di sini: “Pengertian serta fungsi domain dan hosting pada sebuah website”

Harus Pakai WordPress Min?

Ya ga harus sih, terserah temen-temen karena sekarang ini ada banyak sekali CMS yang tersedia di Internet. Tapi kalau tanya mimin ya pasti merekomendasikan wordpress, kenapa? Soalnya wordpress adalah CMS yang paling gampang digunakan untuk pemula/ orang awam sekalipun. Terdapat banyak sekali plugin yang bisa temen-temen install dengan gampang dan gratis tentunya, hal ini adalah fitur paling menarik yang dipunyai oleh wordpress.

Nama wordpress sendiri sudah cukup terkenal di kalangan programmer, sehingga kalau temen-temen memiliki pertanyaan, temen-temen bisa menanyakan di forum yang ada. Nah sekarang balik ke temen-temen mau pakai wordpress atau ga.

Bagaimana Cara WordPress Bekerja?

Cara kerja wordpress

WordPress adalah hasil dari pemrograman PHP. Saat pengunjung berkunjung ke situs temen-temen, kode program PHP akan di generate oleh web browser sehingga memunculkan bentuk situs yang temen-temen buat.

Sedangkan untuk menyimpan data seperti username, artikel, gambar dll, wordpress menggunakan sistem database yang bernama MySQL untuk menyimpan semua data situs temen-temen. Untuk mengakses database di self hosting, temen-temen dapat membukanya di cpanel.

Kesimpulan

Jadi intinya untuk membuat sebuah situs memakai wordpress, temen-temen punya dua pilihan.

  • Yang pertama dengan cara mendaftar di www.wordpress.com, kemudian temen-temen akan mempunyai situs website gratis, tapi dengan embel-embel .wordpress.com. Gratis sih tapi ada batasannya. Salah satunya yaitu temen-temen tidak dapat menggunakan themes selain yang sudah disediakan.
  • Opsi kedua yaitu membuat situs dengan membeli dahulu domain dan web hostingnya. Temen-temen bisa menggunakan hosting yang mimin pakai, yaitu domainesia. Kalau temen-temen memilih paket hosting 2GB temen-temen bisa mendapatkan domain gratis untuk satu tahun. Menarik bukan? Kalau pakai cara ini temen-temen bisa mengakses semua fitur yang ada di wordpress.

Pilihan hosting yang diberikan domainesia juga murah, tapi kualitasnya tidak diragukan lagi. Mau bayar mahal atau bayar murah tp kualitasnya bagus? Nah silakan temen-temen tentukan sendiri hehehe…

Semoga apa yang saya sharingkan bermanfaat buat temen-temen.

DomaiNesia

Leave a Reply