Pengertian serta Fungsi Domain dan Hosting pada Sebuah Website

Pengertian serta Fungsi Domain dan Hosting pada Sebuah Website

Pengertian serta Fungsi Domain dan Hosting pada Sebuah Website

Buat temen-temen yang masih baru belajar membuat website berikut pengertian serta fungsi domain dan hosting pada sebuah website. Sebelum lebih lanjut mimin akan membahas pengertiannya terlebih dahulu apa itu domain dan apa itu hosting. Ok sekarang kita beranda-andai ya temen-temen. Kalau temen-temen mau membuka sebuah toko maka yang perlu temen-temen persiapkan pertama kali adalah tempatnya, betul tidak?

Nah setelah tempat untuk membuka toko sudah ada berikutnya temen-temen menentukan nama tokonya. Mau pakai nama toko apa yang mudah diingat atau mungkin mewakili brand/merk produk yang temen-temen mau jual. Demikian juga dengan hosting dan domain, hosting itu tokonya dan domain itu nama tokonya.

Jadi temen-temen harus lihat dulu/ survey tempat yang nantinya akan temen-temen gunakan untuk berjualan. Mudah ditemukan apa tidak, terus selain itu tokonya lumayan luas ga. Selain itu yang harus dipastikan adalah toko itu nantinya bisa menyimpan barang dagangan berapa banyak.

Menentukan hosting

Begitu juga dengan hosting, temen-temen harus tahu reputasi hostingnya bisa cek review dari mereka yang sudah menggunakan jasa hosting tersebut. Kemudian setelah itu temen-temen menentukan mau berapa luas toko tersebut, apakah butuh tempat penyimpanan yang luas atau cukup yang standard.

Hal ini cukup penting, kenapa? Karena semakin luas tempatnya akan semakin memudahkan keluar masuk barang. Dalam hal ini akan mempengaruhi kecepatan mengakses sebuah website. Tapi juga tidak perlu yang luas sekali dalam artian storagenya harus besar banget. Perlu disesuaikan dengan kebutuhan website yang akan dibuat nantinya.

Kenapa perlu disesuaikan karena hosting semakin besar storagenya semakin mahal, karena temen-temen menyewa harddisk untuk meletakkan dan mengakses file. Jadi penting di awal untuk menentukan seperti apa website yang mau kita buat nantinya. Apakah akan menyimpan banyak foto-foto dan file yang sizenya lumayan besar atau tidak. Kalau hanya untuk membuat blog tidak perlu kapasitas storage yang besar.

Membuat domain

Setelah menentukan hosting langkah berikutnya adalah menentukan domain atau ibarat nama toko temen-temen. Biasanya kebanyakan penyedia hosting jika kita mengambil paket tertentu akan mendapatkan domain gratis untuk tahun pertama. Setelah tahun pertama akan dikenakan biaya untuk perpanjangan domain dan ini berlaku untuk satu tahun ke depan. Mahal ga min? domain tidak semahal hosting, biasanya berkisar 100rb hingga 200rb rupiah. Tetapi ada juga domain tertentu yang cukup mahal bisa di atas 500rb rupiah.

Domain pun ada banyak temen-temen, ada .com, .net, .id, .co.id, .org, .online, .store, dan masih banyak lagi. yang paling umum digunakan adalah .com. Selanjutnya temen-temen tinggal menentukan nama domainnya/ nama toko temen-temen.

Rekomendasi Hosting

Ada rekomendasi ga min penyedia jasa hosting yang bagus? kalau mimin sih pakai domainesia, kenapa pilih domainesia? Karena tidak mahal untuk biaya hosting tetapi kualitasnya bagus dan domainesia ini termasuk dalam top ten hosting terbaik di Indonesia. Salah satu alasan mimin memilih domainesia adalah karena uptime yang bagus di atas rata-rata. Apa itu uptime temen-temen bisa klik di sini.

Nah jika temen-temen berminat untuk menggunakan jasa hosting dari domainesia, bisa dilihat pilihan paketnya di bawah ini:

Pengertian serta Fungsi Domain dan Hosting pada Sebuah Website

Untuk pilihan paketnya ada tiga dan dua diantaranya dapat domain gratis untuk tahun pertama, dan yang direkomendasikan adalah paket yang 2GB. Temen-temen tidak usah khawatir tidak bisa upgrade, kalau nanti dirasa kurang temen-temen bisa mengupgrade paket temen-temen kapanpun.

Nah untuk detail rincian per paketnya temen-temen bisa lihat gambar di bawah ini.

Paket hosting domainesia

Untuk temen-temen yang akan membaut beberapa website bisa menggunakan yang kapasitasnya 2GB dan ini akan mendapat domain.com gratis untuk tahun pertama. Oh ya domainesia ini sudah menggunakan SSD yang temen-temen, jadi kecepatan aksesnya jauh lebih cepat dibanding Harddisk konvensional. Silakan temen-temen sesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan budget.

Oh ya mimin punya diskon 20% untuk temen-temen yang mau mendaftar untuk menggunakan domainesia. Temen-temen tinggal klik banner di bawah ini ya.. atau bisa juga langsung ke domainesia.com dan masukkan kode berikut: BELAJAR-INET20

DomaiNesia

Nah setelah domain dan hosting sudah selesai temen-temen bisa mulai membuat website. Kalau bingung temen-temen bisa lihat postingan saya sebelumnya “Belajar Cara Membuat Website Sederhana dengan WordPress untuk Pemula.” Semoga bermanfaat buat temen-temen, sampai jumpa di postingan saya berikutnya.

Leave a Reply