Pengertian Search Engine Optimization

Search Engine Optimization Yang sering juga disebut optimasi mesin pencari yaitu proses untuk mengoptimasi halaman web agar mendapatkan rangking yang baik dari search engine yang bertujuan untuk mendapatkan traffik gratis, dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization kita bisa memperbesar kemungkinan halaman kita berada di posisi yang baik tersebut.

Setelah kita mengetahui sistem atau cara kerja dari search engine ketika akan menampilkan hasil untuk setiap pencarian, maka kita tahu apa yang harus dilakukan untuk mendapat posisi yang baik untuk website yang akan kita optimasi.

Search engine bagi seorang pemilik website adalah seperti partner yang saling menguntungkan Dimana pemilik web bisa mendapatkan traffic gratis dan search engine bisa mendapatkan keuntungan dari visitor tersebut dengan menampilkan iklan-iklan di halaman hasil pencarian.

Pengertian Search Engine Optimization

Dengan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan keyword yang dicari oleh pengunjung, maka ini membuat pengunjung tersebut merasa terbantu dan kemungkinan akan mengunjungi search engine itu kembali di kemudian hari.

Sebaliknya kalau search engine tidak menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword yang diinginkan, maka visitor tersebut akan mencari atau menggunakan search engine lainnya hanya untuk mendapatkan informasi yang dicarinya tersebut.

Jadi ketika kita merangking di halaman 1 kemudian mendapat traffik dari search engine tersebut dan kita berhasil memberikan konten yang sesuai dengan yang diinginkan oleh si pencari, maka kita Sesungguhnya telah membantu search engine untuk mendapatkan nilai yang baik di mata pengguna search engine tersebut.

Puas tidaknya seseorang terhadap website yang dikunjungi dari hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine itu ditandai dengan lama tidaknya visitor tersebut bertahan di halaman web yang dikunjunginya.

Kalau di situs tersebut visitor bertahan lama dan banyak melakukan aktivitas itu berarti maka visitor web tersebut cukup puas dengan website yang ditampilkan di hasil pencarian, begitu juga sebaliknya apabila visitor setelah mengunjungi halaman web dari hasil pencarian tidak melakukan interaksi apa-apa bahkan mereka langsung pergi maka ini berarti visitor tersebut tidak puas.

Search Engine mengetahui tindakan visitor yang ada di suatu website Dan istilah ini disebut bounce rates, jadi ketika kita telah berhasil mendapatkan posisi yang baik di search engine dan mendapat visitor yang banyak akan tetapi halaman web kita tidak dianggap baik oleh visitor maka web kita akan mendapat nilai yang kurang di mata search engine engine.

Bila nilai website itu terus turun maka bisa jadi website yang telah mendapatkan ranking bisa diturunkan rankingnya dari halaman pencarian untuk kata kunci tersebut.

Walaupun setiap sistem search engine untuk menilai dan menampilkan hasil pencarian sesuai keyword atau kata kunci yang diinginkan pencari berbeda-beda akan tetapi pada prinsipnya adalah semua search engine ingin menampilkan hasil pencarian seakurat mungkin dengan keyword yang dicari.

Jadi kita bisa seolah-olah menjadi orang yang mencari keyword tersebut dan berikan alasan mengapa dengan mengunjungi halaman web kita visitor tersebut akan mendapatkan jawaban atau informasi yang diinginkan.

Apapun teknik SEO yang dilakukan pada prinsipnya adalah suatu search engine menginginkan konten yang relevan dan memiliki informasi yang cukup untuk si pencari, sehingga si pencari mendapatkan jawaban atas apa yang dicarinya tersebut.

Konsep ini adalah konsep yang pertama kali yang harus kita pahami Adapun selanjutnya adalah kita tinggal berusaha mempengaruhi search engine agar mau menampilkan website di halaman hasil pencarian untuk keyword yang kita bidik tersebut.

Jadi yang harus dilakukan ketika akan memposting sebuah artikel atau konten pada halaman web adalah:

Bidik keyword yang memiliki pencarian,

Buat konten yang relevan dengan keyword tersebut,

Buat konten yang informatif dan memiliki manfaat buat pengunjung,

Buat konten selengkap mungkin,

Buat konten yang beragam,

Buat konten yang unik.

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Artikel Pembelajaran ini Ditulis Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Urutan Belajar Internet Marketing Bisa Dilihat di : https://belajarinternetmarketing.net/

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *