Mengenal Webmaster Tool

Webmaster tool adalah suatu aplikasi yang bisa memudahkan webmaster atau seorang pemilik website untuk terus memperbaiki kualitas website yang dimilikinya sehingga bisa mendapatkan traffik dari search engine.

Google Search Console

Google search console adalah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk mendukung para web Master dalam mengelola situs web, terutama agar website tersebut sesuai standar yang ditetapkan oleh Google, sehingga bisa membuat peringkat web di halaman pencarian lebih baik.

Banyak sekali data yang bisa kita peroleh dari Google Search console diantaranya kita bisa melihat pengunjung website kita, keyword yang merangking untuk situs web kita, backlink yang masuk dan lain-lain yang bisa kita jadikan bahan untuk mengoptimalkan website kita.

Kita juga bisa melakukan submit site Map yang dimiliki oleh web kita, hal ini dilakukan agar website yang kita miliki mendapatkan jadwal rutin dari crawler-crawler google yang akan mengindex setip halaman baru dari website kita.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendaftarkan website kita ke Google Search console.

login ke akun google anda..

Kunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in  atau cari di search engine  “google webmaster tool”

Klik tambahkan properti..

Mengenal Webmaster Tool

Masukkan situs web yang akan didaftarkan..

Lalu Anda akan dimintai verifikasi kepemilikan situs web yang telah didaftarkan tadi..

Click metode alternatif.. Lalu pilih menu tag HTML..

Setelah itu Salin kode HTML ke situs web kita – taruh di bagian header.. Untuk situs berbasis WordPress, kita bisa mengklik menu appearance, editor, dan lihat dibagian kanan pilih menu theme header.. Cari kode html </head> kemudian Paste kan kode verifikasi tepat di atas </head>.. Setelah itu klik update file..

Kembali ke Google Search console untuk mengklik tombol verifikasi..

Apabila semuanya telah benar maka anda telah berhasil mendaftarkan situs web Anda ke Google Search console, sehingga Anda bisa mendapatkan data-data Yang dimiliki oleh database Google terkait website yang telah anda daftarkan tadi.

Analisis data google Search console

Google Search console bahkan beberapa data yang cukup bermanfaat bagi kita, data-data tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki performa website kita. Berikut beberapa cara untuk menganalisis data yang ada di Google Search console:

Pertama kita login ke akun Google dan masuk ke google Search console..

klik website yang akan kita lihat datanya..

Secara default Google Search console akan menyajikan 3 data yaitu kesalahan perayapan, analytics dan peta situs ditambah data dari pesan apabila terdapat pesan kepada website kita. Akan tetapi di bagian kiri terdapat menu-menu yang cara kita lihat.  Saya akan menerangkan menu-menu yang pentingnya saja.

Menu pesan digunakan untuk melihat pesan pesan yang diberikan oleh Google Search console terhadap website kita, biasanya pesan-pesan ini mengingatkan seputar keamanan web, penalty,  lalu lintas penelusuran dan lain-lain.

Menu tampilan penelusuran, menu ini bisa kita gunakan untuk membantu situs web kita agar terlihat lebih baik di hasil pencarian, banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil pencarian dari situs web kita.

Menu lalu lintas penelusuran, menu ini berisi laporan yang diberikan oleh Google Search console seputar performa atau tindakan dari website kita. Menu ini cukup kita butuhkan terutama di bagian telusuri analitik yang bisa kita lihat data seputar ranking atau keyword Yang dimiliki oleh halaman website kita.

Serta menu tautan ke situs anda dan tautan internal yang bisa kita lihat untuk mengetahui seberapa banyak link-link yang mengarah ke halaman-halaman situs web kita, ini penting untuk evaluasi kita terkait backlink yang masuk ke halaman website kita.

Kita bisa melihat link-link tipe apa saja yang bisa di Index oleh Google, sehingga kita dapat menduplikasi jenis link tersebut agar teknik backlinking yang kita lakukan lebih efektif dan memiliki hasil yang maksimal.

Menu tindakan manual, yaitu berisi peringatan yang diberikan oleh Google karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh situs web kita, baik itu terkait link, duplikat konten atau yang lainnya, tindakan manual ini bisa disebut juga sebagai pemberitahuan bahwa situs web kita akan atau sedang terkena penalti.

Menu Google index, menu ini digunakan untuk melihat seberapa banyak indeks yang dimiliki oleh website kita di database Google, kita juga bisa melihat kata kunci kata kunci utama yang ada di dalam website kita.

Menu perayapan, menu ini digunakan untuk memudahkan kita dalam mengindexkan website kita di database Google, menu yang biasa digunakan yaitu ambil sebagai Google dimana kita bisa menyuruh robot Google untuk merayapi situs web kita saat itu juga.

Menu lainnya adalah peta situs, dimana kita bisa memberikan halaman peta situs kita dengan format xml yang bertujuan sebagai peta yang harus dijalani oleh search engine ketika akan merayapi situs web kita.

Menu masalah keamanan, apabila website Anda terkena virus, malware, trojan dan yang lainnya atau website Anda terkena hacking oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab maka akan ada pemberitahuan pada menu masalah keamanan ini.

Menu sumber daya lainnya, menu sumber daya lainnya digunakan apabila kita ingin menggunakan produk-produk Google lainnya, menu ini bisa dicoba satu persatu akan tetapi menurut saya tidak terlalu penting.

Demikian menu-menu atau fitur yang ada di Google Search console yang biasa saya gunakan, menu-menu lain yang tidak saya Jelaskan menurut saya tidak terlalu bermanfaat akan tetapi bila anda ingin mencobanya maka tidak ada salahnya.

Terkait data, yang paling penting yang bisa kita manfaatkan dari Google Search console ini adalah data “telusuri analytics” Dimana kita bisa mengetahui halaman-halaman mana saja yang merangking serta keyword keyword apa saja yang masuk ke halaman tersebut.

Ini bisa dijadikan bahan evaluasi dari optimasi yang kita lakukan, misalnya kita melakukan optimasi terhadap salah satu halaman website dan ternyata halaman tersebut bisa mendapatkan ranking berdasarkan data dari Google search console, maka kita bisa contek optimasi yang dilakukan ke halaman lainnya.

Bing Webmaster Tool

Bing Webmaster tool adalah Webmaster yang dimiliki oleh search engine Bing, Bing Webmaster tool cukup membantu membuat website kita lebih cepat di Index oleh database Bing..

Walaupun pengunjung bing dan Yahoo tidak sebanyak Google, akan tetapi ini lumayan bisa membuat traffikk dari kedua search engine tersebut.. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatarkan sebuah web ke Bing Webmaster tool..

Pergi ke url http://www.bing.com/toolbox/webmaster

Login dengan menggunakan akun bing seperti live.com atau hotmail.com

Setelah masuk ke akun Bing Webmaster tool, maka di bagian atas kita bisa memasukan website yang akan didaftarkan.. Kemudian klik add..

Berikan xml site Map yang dimiliki oleh website kita.. klik add..

Copy kode verifikasi yang diberikan kemudian masukkan ke dalam situs web kita di bagian header.. Untuk situs berbasis WordPress, kita bisa mengklik menu appearance, editor, dan lihat dibagian kanan pilih menu theme header.. Cari kode html </head> kemudian Paste kan kode verifikasi tepat di atas </head>.. Setelah itu klik update file..

Kembali ke Bing Webmaster tool kemudian Click verify dan tunggu sampai pendaftaran sukses dilakukan..

Proses verifikasi berhasil dilakukan maka website yang telah kita daftarkan ada di akun Bing Webmaster tool kita..

Terkait masalah data website kita di Bing Webmaster tool, sebaiknya diabaikan saja karena kita lebih memilih data yang di berikan oleh Google Webmaster tool.. Karena tujuan kita melakukan submit ke Bing Webmaster tool adalah untuk mempermudah index website kita di database bing..

Google Analytics

Google analytics adalah atau fasilitas yang diberikan oleh Google untuk mendukung aktivitas pengelolaan website kita, data-data yang di miliki google analytics biasanya seputar pengunjung website kita.

Kita bisa melihat aktivitas pengunjung seperti negara asal, perilaku, minat, keyword yang diketik pengunjung tersebut data-data lainnya yang bisa kita gunakan untuk menganalisa aktivitas pengunjung di situs web kita.

Cara untuk mendaftarkan web ke Google analytics hampir sama dengan cara mendaftarkan web ke Google Webmaster tool, yaitu kita kunjungi https://analytics.google.com/

Kemudian login dengan menggunakan akun Google kita,

Setelah itu klik menu admin di bagian atas,

Klik menu akun klik buat akun baru, akun ini semacam kategori untuk mengelompokan website website kita yang sejenis, kalau sudah memiliki akun maka tidak harus membuat akun baru,

Setelah terbuat klik Akun tersebut.. Dan beralih ke menu property di sebelah kanannya.. klik menu Property.. Klik buat properti baru.. disini kita akan memasukkan situs web yang akan didaftarkan di Google analytics..

Masukkan data-data dari situs web kita..

Kemudian pilih kategori dan zona waktu..

Klik menu dapatkan ID pelacakan.. Sekarang kita disuruh untuk memasukkan script pelacakan ke situs web yang tadi kita daftarkan..

Copy kode tersebut dan masukkan ke halaman web kita, simpan di bagian header sama seperti kita memasukkan kode verifikasi Google atau bing Webmaster tool..

Setelah  kode pelacakan dimasukkan di bagian header dari halaman web kita maka google analytics sudah bisa menampilkan data-data situs web kita..

Untuk membaca datanya klik menu beranda, click akun tempat website kita, klik website yang akan dilihat datanya, klik semua data situs web..

Apabila website tersebut baru didaftarkan maka Membutuhkan waktu beberapa waktu untuk bisa menampilkan data tersebut..

Yang cukup penting untuk diketahui dari data Google analytics adalah rasio pentalan atau bounce rates dari situs web yang kita miliki.. Yaitu setelah kita memasuki data semua situs web dari website kita maka kita mengklik menu akuisisi > semua lalu lintas > lalu klik saluran.. Disitu akan kita dapati data-data seputar pengunjung website kita..

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Artikel Pembelajaran ini Ditulis Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Urutan Belajar Internet Marketing Bisa Dilihat di : https://belajarinternetmarketing.net/

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *