Mengenal Domain dan Hosting Part 1

Mengenal Domain dan Hosting Part 1

Agar situs kita bisa dilihat oleh para pengunjung dari seluruh dunia maka konten atau isi dari website kita Haruslah disimpan di suatu server yang online dengan menggunakan alamat web yang unik.

Server inilah yang akan menjadi tempat atau database dari semua konten-konten yang akan kita tampilkan di website kita, sedangkan alamat web unik ini yang akan menjadi petunjuk bagi orang-orang yang ingin mengunjungi situs web kita.

Domain

Domain adalah alamat unik untuk suatu Website, domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website kita, karena itulah kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat dan memiliki nilai yang baik sesuai dengan tema bisnis yang kita jalani.

Domain terdiri dari nama domain dan extension, nama domain adalah nama yang kita pilih untuk menamakan website kita, sedangkan extension adalah akhiran dari nama domain tersebut, contohnya: Facebook.com => facebook merupakan nama domainnya sedangkan .com merupakan extensionnya.

Penggunaan nama domain hanya diijinkan menggunakan huruf, angka atau garis terhubung- sedangkan penggunaan huruf kapital atau huruf kecil diabaikan agar tidak tercipta nama domain dengan extension yang sama.

Semua domain + extensionnya hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja di seluruh dunia, artinya jika ada nama domain seperti facebook.com sudah dimiliki maka orang lain tidak bisa mendaftarkan-nya lagi kecuali dengan extension yang berbeda.

Contohnya kita akan membeli facebook.org dan kebetulan nama domain + extension facebook.org ini belum dimiliki oleh orang lain maka kita bisa membelinya, akan tetapi ini berbahaya karena facebook merupakan sebuah brand besar yang mungkin telah mendaftarkan hak cipta nama Facebook.

Sehingga apabila ada seseorang yang menggunakan nama Facebook walaupun dengan extension yang berbeda maka bisa jadi mereka menggugatnya karena dianggap sebagai pelanggaran hak cipta, akan tetapi secara umum semua nama domain bisa kita beli asalkan nama domain tersebut bukan sebuah brand besar.

Contohnya: Baju-bola.com apabila domain dengan extensionnya tersebut sudah ada yang memiliki maka kita bisa merubah ekstension nya menjadi misalnya baju-bola.net, atau baju-bola.org dll yang intinya nama domain + extensionnya tersebut belum dimiliki orang lain.

Suatu domain plus extensionnya yang sudah dimiliki orang lain maka kita tidak bisa menggunakannya atau membelinya kecuali domain tersebut sudah tidak diperpanjang lagi oleh pemiliknya, dan kita bisa mendaftar ulang nama domain plus extensionnya tersebut.

Extension domain sendiri telah berkembang begitu pesat, dimana sekarang banyak sekali extension domain yang tersedia, akan tetapi yang paling umum digunakan dan paling mudah diingat oleh orang banyak terutama di Indonesia adalah extension .com , .net , .org , .info , .id , .co.id dll.

Membeli Domain

Untuk membeli sebuah nama domain beserta extensionnya kita membutuhkan investasi yang harus kita bayar setiap tahunnya sesuai dengan harga domain tersebut, harga setiap domain berbeda-beda, biasanya yang membedakan harganya adalah extensionnya.

Misalkan nama domain baju-bola.com cenderung akan lebih mahal dibandingkan dengan nama domain baju-bola.net , penentuan harga dari extension yang menentukan adalah pihak domain registrar tempat kita membeli domain tersebut, dan umumnya setiap domain registrar menetapkan harga extension tersebut dengan berbeda-beda sesuai kebijakan-kebijakan yang mereka buat.

Banyak sekali domain registrar yang membuka pembelian nama domain, untuk international register yang terkenal adalah name.com, namecheap.com, godaddy.com dan lain-lain, untuk di Indonesia register yang terkenal adalah qwords.com, dracoola.com, idwebhost.com dan lain-lain.

Akan tetapi untuk membeli domain pasar indonesia saya menyarankan membeli di qwords.com karena kelengkapan extension yang dimiliki dan juga support yang maksimal dimana mereka memiliki kantor cabang di berbagai kota di indonesia.

Sedangkan untuk pasar internasional anda bisa menggunakan godaddy Indonesia, karena register ini selain memiliki kualitas dunia juga memberikan support yang maksimal terutama untuk orang Indonesia karena mereka memiliki kantor cabang di Indonesia.

Setelah memilih domain registrar tempat membeli domain, Anda tinggal mencari nama domain beserta extensionnya dan mengeceknya apakah nama domain beserta ekstensinya tersebut masih tersedia atau sudah dimiliki oleh orang lain, kalau sudah dimiliki oleh orang lain maka kita mencari nama domain atau extension yang lain sampai kita menemukan nama domain plus extension yang masih tersedia.

Misalkan kita hendak membeli sebuah domain dengan nama baju-bola.com dan ternyata domain tersebut sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita coba mengganti extension nya terlebih dahulu menjadi baju-bola.net, baju-bola.org dll sampai ketemu.

Atau bisa juga kita langsung mengganti Nama domainnya misalnya kita rubah menjadi bajubolaku.com, bajubolague.com, bajubolabagus.com dll terus sampai kita menemukan nama domain plus extension yang masih tersedia.

Ketika kita sudah menemukan nama domain plus extension yang masih tersedia maka langkah selanjutnya adalah membeli nama domain beserta ekstensinya sesegera mungkin agar tidak didahului oleh orang lain.

Proses pembelian domain cukup mudah yaitu setelah kita menemukan nama domain yang masih tersedia maka kita segera pilih nama domain tersebut dan melakukan transaksi pembayaran, tunggu hingga transaksi pembayaran tersebut dikonfirmasi oleh pihak domain registrar dan nama domain akan masuk ke akun kita dalam beberapa menit atau jam.

Setelah nama domain tersebut kita miliki, maka kita bisa mengedit name server dari nama domain tersebut yang bisa kita arahkan ke penyediaan pelayanan hosting manapun, baik itu ke layanan hosting di perusahaan yang sama dengan tempat kita memmbeli domain atau kita arahkan ke perusahaan yang berbeeda.

Tips Memilih Domain

Saya telah menjelaskan tata cara membeli atau mendaftarkan sebuah nama domain beserta extensionnya, akan tetapi banyak orang yang salah dalam menentukan nama domain, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika kita membeli sebuah nama domain:

– Nama domain tidak terlalu panjang

– Nama domain yang mudah diingat

– Nama domain yang sesuai dengan market yang kita pilih

– Hindari memilih bermain yang berupa merek dari perusahaan terkenal

– Memilih extension yang sudah familiar, misalkan .com, .net, .org, .id, .co.id dll

Saya harapkan anda bisa memahami penjelasan yang cukup dasar didalam hal memilih dan membeli nama domain untuk menjadi alamat dari website yang akan kita buat, penjelasannya cukup mudah dan akan lebih mudah lagi apabila segera dipraktekkan.

Macam-macam Domain

Kalau kita sudah terbiasa dengan mengelola website maka kita tidak akan asing lagi dengan yang namanya add on domain, subdomain, parked domain, aged domain ataupun protect domain. Dimana fitur-fitur tersebut yang bisa ditertapkan untuk domain yang kita miliki.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain utama dan bisa dibuat sebanyak mungkin ( bergantung pada regulasi penyedia layanan hosting ) tanpa perlu lagi membeli domain yang baru. Ini menjadi keuntungan buat kita yang ingin membuat beberapa website tanpa perlu membeli domain dan hosting lagi.

Contoh subdomain: blog.baju-bola.com, info.baju-bola.com dll

Jadi, walaupun memiliki kesamaan dalam hal domain utama, semua subdomain yang kita buat bisa dengan memiliki manfaat yang berbeda sesuai dengan tujuan kita membuat subdomain tersebut, bisa kita jadikan sebagai website pendukung dari website utama yang kita miliki.

Add on domain

Addon domain adalah domain yang ditambahkan kelayanan hosting yang telah dimiliki Domain utama, dengan fitur ini kita bisa memiliki banyak website dengan nama domain yang berbeda namun ditujukan kepada hosting yang sama.

Dengan fitur Add on domain kita bisa menghemat layanan hosting, apalagi kalau kita memiliki modal terbatas. sebenarnya kita bisa membuat banyak Add on domain yang diarahkan ke 1 layanan hosting yang kita miliki, akan tetapi kalau kita memilih paket hosting yang murah biasanya penggunaan Add on domain dibatasi.

Macam-macam Domain

Parked domain

Parked domain adalah domain yang diarahkan untuk sementara ke suatu halaman website, sehingga domain tersebut walaupun tidak memiliki hosting tetap bisa diakses namun dengan menampilkan website lain yang diarahkan.

Parked domain biasanya dipakai ketika kita sudah memiliki domain tetapi belum memiliki rencana untuk membuat website, atau ketika kita membeli pemain tersebut hanya untuk dijual kembali seperti halnya broker domain.

Protect domain

Protect domain adalah fasilitas yang bisa kita gunakan untuk melindungi data-data yang ada di dalam domain kita, termasuk data-data kontak atau alamat yang kita miliki sesuai dengan data yang kita isi saat kita membeli domain tersebut.

Protect domain juga bisa membuat domain-domain kita tidak diketahui pemiliknya, baik itu oleh orang lain ataupun oleh search engine, protect domain juga bisa digunakan ketika kita membuat private blog Network agar blog network yang kita bangun tidak diketahui pemiliknya.

Untuk pengaturan protect domain bisa dilakukan di dashboard domain anda, untuk biaya protect domain biasanya sebesar USD 5-15.

Protect domain

Aged domain

Aged domain yaitu domain yang sudah tua yang sebelumnya Sudah dimiliki orang lain namun orang tersebut tidak memperpanjangnya, aged domain bisa kita gunakan apabila kita tidak ingin mengoptimasi sebuah website dari awal. Namun biasanya aged domain ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding domain biasa, karena aged domain biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibanding domain Biasa, misalnya domain tersebut sudah memiliki banyak backlink atau sudah memiliki sharing sosial media yang banyak, aged domain bisa dicari di http://www.registercompass.org/ atau https://www.expireddomains.net/

Aged domain

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Artikel Pembelajaran ini Ditulis Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Step by Step Belajar Internet Marketing Gratiss Via Email Kunjungi :  http://bit.ly/PusatBelajarInternetMarketing

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *