Mencari Target Market / Audiens

Mencari audiens atau target market di Facebook bisa dilakukan dengan beberapa cara, tapi kita akan mempelajari beberapa saja yang paling mudah dilakukan namun memiliki efektifitas yang baik dalam hal memilih target market atau audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan.

Wawasan Pemirsa

Wawasan pemirsa adalah tools yang disediakan oleh facebook untuk mengetahui kelompok-kelompok dari pengguna Facebook berdasarkan minat atau ketertarikan yang mereka miliki, dengan tools ini kita bisa mencari audiens atau target market dengan cukup mudah.

Caranya: Di menu pengelola iklan klik wawasan pemirsa,

Mencari Target Market / Audiens wawasan pemirsa

Kemudin klik semua orang di  facebook,

wawasan pemirsa facebook

Kemudian kita persempit pemirsa dengan memilih negara atau kota yang ditarget beserta minat tertentu yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan…

mencari audiens tertarget

Kemudian dibagian atas pilih menu suka halaman, untuk mengetahui halaman mana saja yang di like oleh orang-orang di interest yang kita pilih..

audiens facebook

Di kelompok suka halaman di bagian bawah kita sortir halaman-halaman tersebut berdasarkan kemiripan terbesar..

facebook ads terterget

Masukan halaman-halaman yang muncul tersebut di bagian minat atau interest untuk menambah jumlah audiens atau target market yang sedang kita cari..

targeted audiens

Perlu diketahui bahwa tidak semua page itu termasuk minat atau interest, jadi kita masukan page yang termasuk interest saja..  setelah itu jumlah audiens atau pemirsa menjadi semakin banyak..

Sekarang kita persempit pemirsa tersebut menjadi lebih spesifik agar lebih sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan..  persempit terus pemirsa sampai berjumlah 300-500 ribu audiens..

Caranya: klik menu demografi, lalu cari rentan umur berapa yang paling banyak di audiens atau target market tersebut..  kemudian masukan rentang umur tersebut di pengaturan umur, misalkan rentang umur yang terbanyak di audiens yang kita pilih adalah 18-24 maka kita setting pengaturan umur di menu sebelah kiri menjadi 18-24 tahun..

audiens facebook untuk iklan

Setelah itu kita lihat jenis kelamin yang terbanyak laki-laki atau perempuan, kemudian settingkan jenis kelamin yang terbanyak tersebut di bagian jenis kelamin..  setelah itu audiens menjadi semakin sedikit.. kalo jumlah audiens masih belum menyentuh 300-500 ribu orang maka kita persempit lagi dengan cara yang sama seperti sebelumnya di pengaturan lainnya, misal di pengaturan kota.. kita klik di menu lokasi kemudian sortir berdasarkan kota terbanyak.. kemudian setting lokasi di pengaturan sebelah kiri berdasarkan lokasi yang paling banyak jumlahnya.. dan audienspun akan tambah sedikit.. begitu seterusnya sampai audiens yang kita miliki berjumlah 300-500 ribu orang.

Setelah kita memiliki audiens yang berjumlah 300-500 ribu orang maka kitta bisa simpan audiens tersebut dengan nama yang sesuai, kemudian kita bisa pakai audiens  yang telah tersimpan ketika kita menjalankan iklan.

Scrape Data Pengguna Facebook

Seperti diketahui bahwa beberapa fanspage yang menurut kita memiliki kecocokan dengan jasa atau produk yang kita promosikan tidak termasuk kedalam interest atau minat yang ditetapkan oleh Facebook, ini tentu bisa menjadi kerugian buat kita.

Padahal menurut kita orang-orang yang me-like fanspage tersebut sangat-sangat cocok untuk dijadikan target market. Nah untuk mengakali hal ini kita bisa men-scrape data-data dari orang-orang yang me-like Sebuah fanspage tersebut dengan bantuan sebuah tool.

Tidak hanya itu, kita juga bisa men-scrape data-data dari pengguna facebook yang tergabung dalam suatu grup tertentu yang masih berhubungan dengan jasa atau produk yang kita promosikan.

Tools yang bisa digunakan bisa kita cari di search engine dengan mengetik keyword “facebook uid scraper” kemudian akan banyak tools-tools yang bisa kita beli untuk kemudian kita coba digunakan untuk men-scrape data-data dari pengguna Facebook.

Setiap tools untuk mengecek data-data dari pengguna facebook memiliki tata cara dan penggunaan yang berbeda-beda, akan tetapi biasanya tools tersebut memberikan panduan yang bisa kita pelajari terlebih dahulu.

Data yang bisa kita scrape diantaranya adalah user ID atau email yang pengguna Facebook tersebut miliki tapi saya sarankan untuk men-scrape email saja, kemudian data tersebut kita simpan untuk kemudian kita upload ke Facebook melalui fitur pemirsa khusus.

Caranya:

Di menu alat iklan facebook kita pilih pemirsa..

Scrape Data Pengguna Facebook

Klik menu buat pemirsa, kemudian pilih file pelanggan..

file pelanggan facebook ads

Kemudian klik unggah file, pilih jenis data email, klik unggah file dan upload file yang dipilih.. dan klik buat pemirsa.. Setelah proses selesai maka pengguna facebook tersebut bisa kita gunakan untuk target market dari iklan yang kita buat..

Untuk mencari fanspage yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosiikan bisa kita cari di fitur wawasan pengguna, di pencarian facebook atau di pencarian search engine.

Fitur Simpan Pemirsa

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur buat pemirsa tersimpan, jadi kita bisa mencari pemirsa atau audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan dengan lebih tertarget.

Caranya: Masih di menu pemirsa– kita klik buat pemirsa dan klik simpan pemirsa, kemudian cari pemirsa dengan kriteria yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan. Masukkan data-data umum yang telah kita ketahui sebelumnya (gunakan fitur wawasan pemirsa terlebih dahulu).

Fitur Simpan Pemirsa

Dengan menggunakan fitur simpan pemirsa ini kita bisa memilih pemirsa yang lebih tertarget dengan menggunakan opsi persempit pemirsa. Yaitu kita mempersempit pemirsa agar menghasilkan audiens yang lebih tertarget.

Misalnya, apabila kita ingin menjual kaos yang berhubungan dengan klub real madrid maka kita bisa target orang-orang yang menukai real madrid sekaligus menyukai fashion atau brand-brand kaos terkenal, dengan opsi ini membuat target market yang kita pilih menjadi lebih spesifik.

irisan audiens.jpg

Kosepnya sama seperti irisan yang kita pelajari di materi himpunan pada pelajaran matematika.

Caranya: Pilih minat utama, klik persempit lebih lanjut, kemudian tambahkan minat tambahan yang digunakan untuk membuat pemirsa utama lebih spesifik agar penargetan lebih spesifik dan lebih tertarget…

audiens berdasarkan minat

Setelah mendapatkan pemirsa yang tertarget kita bisa simpan pemisa tersebut  untuk  kita jadikan audiens pada iklan yang akan kita jalankan.

Berikut cara untuk menarget pemirsa tersimpan atau pemirsa khusus di iklan yang akan kita jalankan:

 Ketika kita akan memilih pemirsa diiklan yang akan kita buat, klik tanda panah di menu pemirsa baru lalu pilih pemirsa tersimpan yang ditarget..

pemirsa baru

Atau di menu pemirsa khusus kita bisa memilih pemirsa khusus yang kita miliki (pilih menu termasuk),

pemirsa khusus

Duplikasi Audiens / Pemirsa serupa

Duplikasi audiens dengan menggunakan fitur Pemirsa serupa bisa membuat kita lebih mudah mencari target market yang spesifik sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan, jadi apabila kita memiliki audiens yang berasal dari lalu lintas website yang kita miliki, kita bisa menduplikasi audiens tersebut dengan cara yang sangat mudah.

Bagaimana cara kerjanya? Pengguna facebook telah diklasifikasikan oleh system dari facebook itu sendiri berdasarkan interest atau minat tertentu, dan ketika bisa mendapatkan data-data dari pengguna facebook berdasarkan interest tertentu maka system facebook bisa dengan mudah menduplikasikan berdasarkan kesamaan interset yang sebelumnnya telah diklasifikasikan oleh sistem facebook.

Jadi untuk bisa menduplikasi sekelompok pengguna facebook tertentu maka kita harus terlebih dahulu memiliki beberapa pengguna dari sekelompok pengguna facebook yang kita target tersebut, caranya bisa dengan menggunakan fitur pemirsa khusus untuk mendapatkan pengguna facebook yang telah menggunjungi website kita atau kita bisa menduplikasi pengguna facebook yang telah me-like fanspage kita.

Caranya:

Di menu alat iklan kita pilih pemirsa,

pemirsa iklan di facebook

Di menu buat pemirsa pilih pemirsa serupa,

buat pemirsa serupa

Pilih halaman atau pemirsa khusus yang akan kita duplikasi,

Pilih halaman atau pemirsa khusus yang akan kita duplikasi,

Pilih negara yang ditarget, jumlah pemirsa = 1, cakupan pemirsa = 1 ,  klik buat pemirsa..

buat audience serupa facebook

Setelah itu facebook akan menduplikasi pemirsa yang kita miliki berdasarkan kesamaan minat atau interest yang pengguna facebook tersebut miliki.

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Pembelajaran ini Dibuat Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Urutan Belajar Internet Marketing Bisa Dilihat di : https://belajarinternetmarketing.net/

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *