Memulai Internet Marketing

Memulai Internet Marketing – Agar para pemula memiliki gambaran terkait praktek di dalam memulai internet marketing, maka saya akan memberikan contoh tahapan-tahapan ketika kita memulai internet marketing.. Hal ini tentu hanya sebatas gambaran saja bukan sesuatu yang harus diikuti secara pasti, karena setiap model bisnis pastilah memiliki tahapan yang berbeda-beda.

Di dalam memulai internet marketing memang cukup sederhana misalnya ketika kita sudah memiliki produk mata kita hanya perlu mencari target market dan memilih sumber traffic yang akan kita usahakan yang tentu sesuai dengan produk yang kita jual tersebut.

Berbeda halnya apabila kita belum memiliki produk yang akan dijual, maka kita harus melakukan riset market terlebih dahulu untuk mengetahui market mana saja yang memiliki prospek yang baik dan mencari produk yang dibutuhkan oleh market tersebut.

Tekniknya mungkin agak sedikit berbeda tapi secara umum kedua kondisi tersebut memiliki tahapan yang sama intinya hanya mencari target market dan memilih sumber traffic untuk mencari orang-orang yang akan kita jadikan sebagai pasar. Berikut beberapa contoh praktek yang bisa kita lakukan ketika kita memulai internet marketing:

Mengenali Potensi Diri Sendiri atau Lingkungan Sekitar

Hal yang pertama yang bisa kita lakukan sebelum melakukan apapun model bisnis di dalam internet marketing, yaitu kita berusaha mengenali potensi yang ada di dalam diri kita atau lingkungan sekitar kita. Baik itu potensi berupa skill atau keahlian maupun potensi berupa produk yang bisa dipromosikan.

Misalnya apabila kita memiliki kemampuan untuk membuat desain maka kita bisa membuka jasa, desain baik itu desain web ataupun desain gambar untuk iklan. Dan apabila kita memiliki kemampuan untuk membuat produk atau lingkungan sekitar kita memiliki produk yang bisa kita promosikan maka kita bisa mencoba untuk mempromosikan produk tersebut.

Tidak usah takut untuk memulai bisnis dengan keuntungan yang sedikit, karena lambat laun kita bisa meningkatkan keuntungan tersebut seiring dengan pengalaman dan skill yang kita miliki, intinya kita terlebih dahulu menggali potensi yang ada di dalam diri kita atau di sekitar lingkungan kita.

Mengenali Potensi Keuntungan

Dalam terjun ke dunia bisnis jangan sampai kita sama sekali tidak tahu gambaran dari keuntungan yang akan kita dapatkan, hal ini bisa membuat kita memilih strategi yang kurang tepat atau salah dalam melakukan perhitungan baik itu perhitungan modal ataupun perhitungan biaya operasional. 

Usahakan untuk menjual suatu produk yang diminati oleh cukup banyak orang dan produk tersebut merupakan produk menengah ke atas karena produk menengah ke atas banyak memiliki peminat yang berdaya beli tinggi, sehingga bisa memudahkan kita dalam meraih keuntungan.

Dengan mengenali potensi keuntungan dari produk yang akan kita jual, kita juga bisa memiliki gambaran terkait target penjualan harian yang harus kita capai agar bisnis yang kita bangun tidak merugi atau setidaknya memiliki keuntungan yang cukup yang bisa memutar modal yang kita keluarkan.

Misalkan kita akan menjual produk baju sepak bola, saya mentarget beberapa komunitas yang gemar menonton sepak bola.. Setelah saya analisa produk baju bola ini rata-rata dijual di pasaran seharga Rp 80.000 sampai Rp 120.000 sedangkan baju bola ini dijual di distributor harga Rp 50.000 .. artinya kita memiliki potensi keuntungan sebesar Rp 30.000 sampai Rp 70.000 per penjualan.

Dengan Memiliki gambaran keuntungan tersebut, kita bisa memperkirakan budget untuk promosi dan biaya logistik, sehingga apabila pada suatu hari ternyata biaya promosi yang dilakukan lebih besar dari keuntungan pada hari tersebut maka kita bisa evaluasi promosi yang kita lakukan.

Contohnya, pada suatu hari kita melakukan iklan di Facebook ads sebesar Rp 500.000 namun hanya terjadi penjualan 5 buah, sehingga keuntungan yang kita dapat dari penjualan tersebut kira-kira Rp 150.000 sampai Rp 350.000 artinya kita mengalami kerugian sekitar Rp 150.000 sampai Rp 350.000.. Dan kita bisa melakukan evaluasi saat itu juga.

Menyusun Rencana

Ketika kita sudah mengenali potensi diri sendiri ataupun lingkungan sekitar dan kita juga telah mengenali potensi keuntungan yang akan kita dapat, maka langkah selanjutnya adalah kita menyusun rencana, baik itu seputar pengadaan produk, sistem penjualan, strategi marketing ataupun memilih sumber traffic.

Beberapa tahapan yang bisa memudahkan kita di dalam hal menyusun rencana:

Analisa kompetitor

Di tahap ini kita berusaha mengenali siapa saja kompetitor kita agar kita memiliki ide atau konsep yang bisa kita terapkan ke dalam modal bisnis yang akan kita jalankan, kita berusaha mengenali siapa saja dan ada berapa banyak orang-orang yang menerapkan model bisnis yang sama di target market yang sama.

Analisa kompetitor tidak hanya diterapkan untuk model bisnis seputar penjualan produk, tetapi bisa juga diterapkan untuk model bisnis lainnya seperti membuka jasa, periklanan ataupun affiliate marketing.

Analisa kompetitor bisa dilakukan dengan cara kita membeli produk di website tersebut dan kita pelajari konsep yang diterapkan di website tersebut kalau website tersebut berupa toko online kita bisa contek strategi penjualan nya, kalau website tersebut berupa jasa maka kita bisa contoh halaman penawarannya dan seterusnya.

Branding

Branding digunakan untuk membuat produk kita dikenal di masyarakat luas, tentunya dikenal sebagai produk yang berkualitas. Strategi branding dilakukan dalam waktu yang cukup lama akan tetapi ketika produk kita sudah memiliki brand yang bagus di benak masyarakat maka ini adalah suatu keuntungan yang sangat besar.

Hal yang utama di dalam melakukan branding adalah produk yang kita tawarkan haruskah memiliki sesuatu yang unik namun mudah dikenali atau diingat oleh masyarakat, sesuatu yang unik bisa berupa produk itu sendiri atau nama produk yang diberikan, jadi kreativitas sangat diperlukan ketika kita membranding suatu produk.

Teknik branding memiliki banyak cara beberapa diantaranya adalah dengan membuat nilai tambah yang ada di dalam produk kita namun tidak dimiliki oleh produk kompetitor, misalkan kompetitor tidak memberikan garansi sedangkan produk kita memberikan garansi sehingga kita bisa membranding produk kita sebagai “produk yang bergaransi”.

Dalam hal nama produk juga bisa dibuat sebagai branding dari produk yang kita jual yaitu kita membuat nama produk kita yang unik namun mudah diingat yaitu contohnya “hijabQ” , ” serabi lembek ” , ” Mie ayam Kacangan ” dan yang lainnya..  Ingat..!!! Branding yang kita lakukan tidak hanya unik tetapi juga mudah diingat.

Mencari Modal

Tidak dipungkiri bahwa dalam melakukan suatu bisnis pasti membutuhkan modal yang harus kita keluarkan terutama di awal-awal kita memulai bisnis tersebut, begitu juga di dalam internet marketing kita harus Memiliki modal yang harus dikeluarkan paling tidak untuk membuat sebuah website atau blog.

Sebenarnya di dalam internet marketing memiliki keuntungan tersendiri yaitu modal yang dikeluarkan lebih sedikit dibanding modal yang digunakan untuk bisnis pada umumnya, di dalam internet marketing kita tidak harus membuat atau menyewa sebuah tempat yang mahal harganya, karena kita bisa memanfaatkan rumah Kita Sendiri.

Modal bisa didapatkan baik itu menggunaka uang kita sendiri atau uang orang lain misalnya kita meminta modal kepada orang tua atau saudara kita, kalau kita berasal dari keluarga yang tidak mampu maka kita bisa mencari pekerjaan terlebih dahulu setelah itu sedikit demi sedikit mengumpulkan uang untuk membangun bisnis kita di internet.

Membuat Website

Di dalam membuat website kita tidak boleh asal-asalan website yang kita miliki harus terlihat profesional dan menarik dimata pengunjung, karena website merupakan ujung tombak dari model bisnis internet yang kita jalani.

Apabila kita memiliki website yang kurang profesional atau kurang menarik dimata pengunjung, maka pengunjung web cenderung enggan atau tidak memiliki kepercayaan terhadap jasa atau produk yang kita promosikan, tentu Ini adalah sebuah kerugian besar.

Untuk membuat website, baik itu untuk toko online, jasa atau model bisnis lainnya kita bisa membuat sendiri atau mendelegasikannya kepada orang lain yang sudah mahir di bidang pembuatan website.

Kalau kita memiliki kemampuan desain atau memiliki jiwa seni yang cukup baik maka saya sarankan untuk membuat Website sendiri, karena biaya yang dibutuhkan pun tidak banyak. Akan tetapi apabila kita tidak memiliki kemampuan tersebut lebih baik mendelegasikannya kepada orang lain yang sudah profesional.

Percayalah bahwa tidak semua orang memiliki jiwa seni yang baik, dan perbedaan antara orang yang memiliki jiwa seni yang baik dan yang tidak sangat jauh sekali, mereka yang memiliki jiwa seni yang baik bisa dengan mudah untuk membuat sebuah website yang tampak profesional.

Begitu juga sebaliknya seseorang yang tidak memiliki jiwa seni yang baik mereka akan kesulitan di dalam membuat desain bahkan hanya untuk membuat desain yang sederhana pun mereka akan mengalami kesulitan kalau pun bisa pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Membuat website ini adalah masalah teknikal, jadi seorang internet marketer tidak harus memiliki kemampuan teknikal yang tinggi cukup menguasai teknik-teknik yang sederhana saja agar kita tidak terlalu blank di dalam hal tersebut.

Seorang internet marketer harus lebih fokus di dalam menemukan peluang serta menentukan strategi di dalam model bisnis yang kita pilih, sedangkan untuk masalah teknikal bisa kita delegasi-kan kepada orang lain apalagi masalah teknikal biasanya diperlukan sekali-kali saja berbeda dengan masalah strategi dan menemukan peluang itu bisa dilakukan sepanjang waktu.

Banyak sekali jasa-jasa makanan sehat yang tersebar baik itu yang ada di internet maupun yang ada di sekitar tempat tinggal kita, bahkan kalau anda memiliki teman yang menguasai web design maka ini sangat membantu sekali, perlu diingat bahwa sebelum memilih jasa desain web kita terlebih dahulu melihat contoh-contoh yang telah mereka buat agar kita bisa menilai reputasi dari pihak disain web tersebut.

Kita juga bisa memberikan contoh atau rekomendasi website yang akan kita pesan agar pihak web desainer tersebut tidak memiliki kesulitan atau setidaknya mereka memiliki gambaran dari website yang kita inginkan, pilihlah beberapa website yang akan dijadikan sample untuk Website kita nanti.

Apabila kita memutuskan untuk membuat Website sendiri maka kita bisa menggunakan CMS WordPress, selain mudah digunakan CMS wordPress ini juga cukup canggih di dalam hal fitur yang diberikan serta memiliki keamanan yang cukup tinggi. Nanti akan saya ajarkan membuat website dengan menggunakan CMS WordPress ini.

Evaluasi

Evaluasi sangat penting untuk kita lakukan agar model bisnis yang kita jalani bisa terus berkembang. Evaluasi yang paling utama tentulah terkait dengan keuntungaan yang didapat oleh kita dari model bisnis yang kita jalani tersebut, kalau kita ketahui bahwa model bisnis tersebut tidak memberikan keuntungan buat kita kita, maka kita bisa menganalisa hal-hal yang menjadi penyebeb semua itu.

Duplikasi

Duplikasi dilakukan ketika kita sudah berhasil pada suatu model bisnis yang telah kita pilih sebelumnya, dengan menduplikasi teknik yang sudah ada atau yang sudah kita kuasai dan terbukti berhasil maka kita bisa mendapatkan lebih banyak penghasilan dari internet marketing.

Caranya tinggal kita lakukan hal yang sama di niche atau tema yang berbeda, misalkan ketika kita berhasil menjual beberapa produk di toko online, maka kita bisa membuat toko online baru untuk menjual produk yang berbeda dengan teknik atau metode yang sama yang sebelumnya telah kita lakukan.

Setelah kita menguasai atau berhasil di satu model bisnis maka ketika kita memulai model bisnis yang lain akan terasa lebih mudah, kuncinya adalah kita fokus dulu di model bisnis yang pertama sampai berhasil karena kalau kita langsung melakukan banyak model bisnis di satu waktu akan membuat kita menjadi tidak fokus sehingga kecenderungannya akan gagal.

Jadi teknik duplikasi penting untuk kita lakukan agar kita memiliki penghasilan yang lebih besar dari dunia internet marketing.

Membentuk Tim

Apabila kita akan serius di internet marketing maka kita membutuhkan sebuah tim yang kompak untuk mendukung jalannya bisnis yang kita miliki, karena tidak semua hal bisa kita kuasai terutama hal-hal teknikal.

Mungkin di awal-awal tim ini tidak terlalu berguna, akan tetapi Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya bisnis yang kita jalankan maka sebuah tim diperlukan agar bisnis yang kita jalankan bisa berjalan dengan baik dan seimbang.

Misalkan apabila penjualan kita hanya sekitar 10 sampai 20 barang per hari, maka ini bisa kita hendle sendiri baik itu dari proses pengadaan barangnya, penjualannya ataupun distribusi barang kepada pelanggan semua bisa kita lakukan sendiri.

Akan tetapi Seiring berjalannya waktu bisnis kita terus tumbuh dan berkembang sehingga kita juga butuh sebuah tim untuk membantu menjalankan bisnis yang kita jalani tersebut agar kita tidak kewalahan terutama di saat-saat banyaknya pelanggan.

Kalau kita menggunakan teknik promosi berbayar maka kita bisa menentukan kapan kita berpromosi Kapan kita menghentikannya, disaat penjualan sudah banyak maka kita bisa stop atau pause promosi tersebut, akan tetapi ini merupakan sebuah kerugian buat kita karena bisa jadi barang tersebut sedang digemari oleh masyarakat.

Begitu juga dalam hal membuat konten di dalam blog, kalau kita membuat sendiri konten untuk web kita maka suatu saat kita akan kehabisan ide untuk membuat konten tersebut, akan tetapi kalau kita memiliki tim khusus untuk membuat content maka pembuatan konten menjadi lebih mudah cepat dan berkualitas karena dibuat oleh orang-orang yang berbeda. Jadi membuat tim sangat penting apabila bisnis kita sudah semakin besar.

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Artikel Ditulis Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Step by Step Belajar Internet Marketing Gratiss Via Email Kunjungi :  http://bit.ly/PusatBelajarInternetMarketing

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *