Memanfaatkan Sosial Media untuk Pemasaran Bisnis Online

Memanfaatkan Sosial Media untuk Pemasaran Bisnis Online

Memanfaatkan Sosial Media
Photo by dole777 on Unsplash

Memanfaatkan Sosial Media untuk Pemasaran Bisnis Online

Memanfaatkan Sosial Media untuk Pemasaran Bisnis Online, apa bisa? Tentu saja bisa dan bahkan promosi produk menggunakan platform media sosial dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah. Rata-rata kebanyakan orang memakai sosial media satu jam empat puluh menit setiap harinya. Penggunaan media sosial mencapai sekitar 28% dari waktu yang kita habiskan di dunia maya.

Aktivitas kita sehari-hari lebih banyak di online, seperti belanja, belajar, mengecek rekening bank. Apalagi ditambah masa-masa sekarang ini karena wabah corona di seluruh dunia. Nah pertanyaannya apakah temen-temen sudah memanfaatkan media sosial dengan benar? Atau belum mendapatkan hasil yang maksimal? Nah kali ini mimin akan bahas tentang sosial media mulai dari pengertian apa itu sosial media.

Definisi Sosial Media

Sosial media adalah salah satu media berkomunikasi dan berinteraksi secara daring. Sepuluh tahun terakhir ini semakin berkembang dan semakin popular. Beberapa tahun belakangan ini, mudahnya membuat konten semakin mendorong meningkatnya penggunaan media sosial.

Media Sosial Marketing

Yang dimaksud dengan sosial media marketing adalah pemasaran menggunakan media sosial. bisa juga dikombinasikan dengan digital marketing lainnya seperti penggunaan blog, email dan lainnya. 

Pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis temen-temen ini penting untuk kesuksesan strategi pemasaran. Media sosial menciptakan peluang bagi bisnis untuk dapat membangun komunikasi langsung dan berkesinambungan dengan customer. Temen-temen bisa memanfaatkan media sosial untuk meriset apa yang disukai dan tidak disukai oleh customer temen-temen dan apa yang mereka inginkan dari bisnis atau brand temen-temen.

SEO & SEM

Data dari WeAreSocial,  terdapat 160 juta orang di Indonesia adalah pengguna aktif media sosial. Mayoritas penggunanya memiliki usia 24-25 tahun. Facebook masih menjadi platform media sosial yang paling populer. Whatsapp adalah aplikasi pesan yang paling banyak digunakan. Selain itu, 99% akses media sosial tersebut dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile.

Menurut analisa data dari Market Force, 81% keputusan pembelian yang diambil oleh customer dipengaruhi oleh postingan media sosial teman-temannya. Artinya, ketika followers temen-temen terlibat dan berinteraksi dengan akun media sosial temen-temen, bukan saja temen-temen membangun komunikasi dengan mereka tetapi juga mempengaruhi keputusan mereka membeli.

Data lainnya lagi dari Hubspot mengatakan 71% pengguna media sosial akan lebih memungkinkan membeli setelah melihat review atau referensi dari media sosial. Jadi ketika ada pelanggan temen-temen yang mereferensikan bisnis temen-temen ke orang lain melalui media sosial, ada kemungkinan orang lain akan lebih tertarik untuk melihat bisnis temen-temen.

Manfaat Pemasaran melalui Medsos

Dengan memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran, banyak sekali manfaat yang dapat temen-temen peroleh. diantaranya:

  • Memperluas jaringan customer
  • Meningkatkan exposure/ awareness
  • Meningkatkan Loyalitas

Bingung bagaimanamemulai strategi media sosial marketing? Berikut ini bisa menjadi panduan temen-temen dalam membuat strategi:

  • Tentukan goal yang ingin dicapai. 
  • Tentukan platform media sosial yang akan digunakan.
  • Buat profil bisnis.
  • Menentukan konten.
  • Memposting konten secara konsisten.

Intinya strategi pemasaran menggunakan sosial media digunakan untuk mendapatkan traffic ke situs temen-temen, konversi, membangun brand awareness, menciptakan identitas merek, membangun komunikasi dan interaksi dengan calon customer dan customer.

Leave a Reply