Facebook ADS Intermediate 

Sebelum anda melanjutkan ke materi ini ada baiknya anda harus membaca dan memahami beberapa ketentuan atau aturan main yang ada di facebook ads agar iklan yang anda jalankan tidak melanggar peraturan atau aturan main yang telah ditetapkan, ketentuan atau aturan main bisa di lhhat di https://www.facebook.com/policies/ads

Sekarang kita saatnya belajar facebook ads lebih serius, kita akan belajar strategi dan teknikal dengan lebih detail namun mudah untuk difahami kuncinya adalah anda harus buru-buru mempraktekannya jangan cuman di bayangkan saja.

Pendahuluan

Untuk memahami materi teknikal seputar Facebook Ads sebenarnya sangat mudah, yang sulit biasanya adalah menerapkan strategi yang akan kita pilih baik itu strategi pemilihan materi iklan atau strategi penargetan serta waktu dijalankannya iklan tersebut.

Untuk Mahir di pemilihan strategi harus membutuhkan banyak praktek, jadi apabila kita hanya membaca atau mempelajari materi saja maka kecenderungannya kita akan tetap kesulitan dalam pemilihan strategi iklan yang akan kita jalankan.

Untuk lebih mudah di dalam memahami strategi facebook yang bisa kita terapkan sebaiknya kita mengenal beberapa hal yang harus dipahami, diantaranya adalah:

Kita Harus bisa membuat teks atau gambar iklan yang menarik perhatian— karena seperti kita ketahui bahwa facebook itu banyak sekali informasi yang bertebaran jadi kita harus bisa mencuri perhatian pengguna Facebook agar bisa mengklik iklan yang kita  tampilkan.

Dengan menguasai pembuatan materi iklan baik text ataupun gambar yang bisa menarik perhatian pengguna facebook, ini bisa menjadi modal yang sangat besar bagi seseorang yang ingin memulai beriklan di facebook ads.

Dalam mempelajari teknik membuat materi iklan baik itu berupa text atau tulisan kita bisa sering-sering melihat dan mengamati iklan-iklan yang banyak ditayangkan di internet baik itu di facebook atupun di search engine.

Memahami jenis-jenis campaign dan struktur iklan—  Sekarang jenis campaign dari facebook ads semakin banyak  dibandingkan beberapa tahun yang lalu, akan tetapi jangan sampai kita menjadi kebingungan dalam hal memilih campaign ini sehinngga kita jadi tidak fokus didalam menjalankan iklannya.

kita harus menetapkan tujuan iklan terlebih dahulu, misalnya apkah kita ingin membuat like FP kita semakin banyak atau kita ingin kunjungan ke website kita meningkat atau bahkan kita hanya ingin memanggil kembali orang-orang yang telah mengunjungi  website kita (retargeting).

Setelah kita menetapkan tujuan dibuatnya iklan barulah kita memilih jenis campign yang tepat sesuai dengan tujuan yang telah kita buat sehingga iklan yang telah kita jalankan bisa maksimal dan tidak sia-sia.

Untuk diawal-awal kita bisa memilih campaign yang sudah umum digunakan orang terlebih dahulu seperti Click to Website, Iklan Interaksi Kiriman Halaman atau Iklan Konversi Situs Web , setelah kita menguasai dan sudah terbiasa menjalankan iklan di  facebook maka kita bisa mencoba  jenis campaign lainnya.

Kita juga harus memahami dengan baik struktur ads yang tersedia di facebook, dari mulai ads sets, ads serta cara kerja dan kombinasi yang bisa dilakukan dari keduanya.

Mencari  dan Memilih Target Market (targeting)–  Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa ide awal iklan kita di facebook adalah mencari suatu komuunitas atau sekumpulan orang yang menyukai suatu hal tertentu yang memiliki kemungkinan menyukai produk atau jasa yang kita promosikan.

Jadi ibaratnya kita menjadi seorang sales yang kesana kemari mempromosikan suatu barang namun kita filter kemana saja barang tersebut kita promosikan karena pada dasarnya orang-orang di facebook tidak mencari barang atau jasa yang kita promosikan.

Karena ide awalnya adalah mencari atau menemukan suatu komunitas yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan maka kita harus kenali dahulu kira-kira orang yang memiliki kemungkinan menyukai produk atau jasa yang kita promosikan itu siapa?

Mereka itu siapa, tinggal dimana, jenis kelaminnya apa,  umurnya berapa, menyukai apa, kegiatannya apa dan hal-hal lainnya yang menunjukan karakterisitk dari target market yang kita pilih, misalnya kita menjual produk sepakbola maka kita bisa menntarget laki-laki, menyukai page sepakbola, suka check in di stadion (misal GBK), gemar bermain game football manager dll..

Makanya mencari  dan memilih target market (audiens) didalam facebook ads adalah salah satu teknik dasar yang harus kita miliki, di bagian teknikal saya akan memberikan beberapa contoh mencari target market atau audiens di facebook akan tetapi kalian harus kembangkan sendiri sesuai dengan karakterisitik niche yang dipilih. Mencari dan mempelajari target market / audiens bisa dilakukan dengan mengguakan fitur audience-insights atau wawsan pemirsa.

Facebook ADS Intermediate 

Testing Iklan / Split testing–  Mengetest iklan yang akan kita jalankan adalah seperti halnya kita melakukan sebuah  investasi didalam dunia bisnis karena setelah kita mendapatkan iklan serta target market yang tepat maka kita bisa mengambil keuntungan  yang banyak kapapun sampai kapanpun selama orang-orang tersebut masih terhubung dengan facebook.

Karena pada dasarnya interest atau minat atau ketertarikan seseorang terhadap sesuatu hal biasanya tidak akan berubah kecuali minat atau interest tersebut bersifat musiman, misalnya seseorang yang menyukai sepakbola maka kecenderungannya orang tersebut akan menyukai sepakbola terus menerus.

Apalagi kalau target market yang kita miliki sangat tertarget dan spesifik maka ini bisa menjadi aset yang sangat menguntungkan buat kita sehingga kita harus serius didalam hal melakukan testing iklan dan jangan takut untuk mengelurkan sejumlah budget hanya untuk mencari iklan atau target market mana yang menguntungkan.

Mindset yang benar didalam adalah kita jangan dahulu berfikir yang namanya keuntungan terlebih dahulu akan tetapi kita fokus mencari iklan mana yang efektif serta target arket mana yang bisa menghasilkan pembelian.

Lakukan testing iklan ini sampai menemukan winning campaign serta winning audiens biasanya memerlukan waktu 3-5 hari untuk melakukan testing iklan tersebut dan biasanya juga memerlukan budget kira-kira 500 sampai 1 juta rupiah.

Kita jangan hanya membuat satu atau dua buah adset/iklan saja, akan tetapi kita bisa membuat banyak adset serta adgroup bahkan banyak campaign sekaligus agar data yang kita miliki lebih banyak  sehingga analisa yang kita lakukan lebih maksimal.

Inti dari testing iklan / split testing adalah menemukan materi iklan yang mengahasilan banyak interaksi (klik, share,comment dll), mendapatkan iklan dengan biaya yang cukup murah dan mendapatkan data target market (interest, minat, umur gender, kota dll) yang memiliki ketertarikan cukup tinggi dengan produk atau jasa yang kita promosikan.

Bisa Membaca dan membuat Report–  Karena kita bermain paid advertising maka kita harus pandai membuat report dan membaca serta menganalisa report tersebut karena apabila kita tidak bisa melakukannya maka kecenderungannya kita akan mengalami biaya iklan yang mahal dengan hasil yang belum tentu maksimal.

Facebook sendiri memiliki fitur yang sangat komplit termasuk didalam hal fasilitas yang memudahkan kita membaca report atau hasil dari iklan yang kita jalankan sehingga jika kita bisa dengan mudah mengeliminasi iklan-iklan yang kurang maksimal atau iklan yang memiliki biaya mahal.

Akan tetapi jika kita tidak mau ribet, kita bisa melihat pelaporan iklan dengan lebih sederhana tanpa harus menggunkan fitur yang ada di facebook misalnya dengan melihat langsung data penjualan yang kita miliki, apabila kita play iklan dan tidak terjadi penjualan maka kecenderungannya iklan tersebut memiliki konversi yang kurang baik.

Atau kita bisa melihat dari budget iklan yang  ditagih oleh pihak facebook untuk iklan yang kita jalankan, apabila mahal maka kemungkinan target market yang kita pilih kurang tepat sehingga kita bisa menggantinya atau mencari target market yang lain.

Akan tetapi jika kita tidak memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh facebook maka kita akan kehilangan suatu fasilitas yang sebenarnya bisa kita manfaatkan dan itu cukup merugikan kita seperti misalnya fitur pixel yang memiliki  banyak manfaat diantaranya untuk retargeting atau melihat konversi penjualan.

Inti dari membaca report adalah kita mengetahui iklan-iklan mana saja yang memiliki klik yang banyak, harga murah dan target market yang banyak melakukan pembelian, setelah kita memiliki data tersebut selanjutnya kita bisa lebih mengoptimalkan iklan yang menurut kita efektif dan mem-pause atau mendelete iklan yang tidak efektif.

Contoh laporan untuk melihat targeting yang paling efektif:

laporan

Contoh laporan untuk melihat campign yang paling efektif:

laporan facebook ads

Optimasi iklan–   Setelah kita mendapatkan winning campaign baik itu target market ataupun materi iklan yang telah kita buat maka langkah selenjutnya kita optimasi iklan tersebut dengan cara memilih data-data  adset mana saja yang memiliki tingkat efektifitas paling baik.

Misalnya kita mendapatkan bahwa orang-orang yang berumur 24-35 tahun memiliki tingkat interaksi yang paling  tinggi maka kita membuat iklan lagi yang mentarget rentang umur 24-35 tahun tersebut, atau kita mendapatkan bahwa orang-orang yang tinggal di daerah Jakarta  memiliki  intaraksi paling baik maka kita targetkan terlebih  dahulu ke daerah Jakarta.

Ditahap optimasi ini sebaiknnya kita membuat campaign dan adgroup yang baru dengan memasukan data-data yang menjadi winning di tahap testing iklan, seperti demography, gender, umur, interest dll, sedangkan untuk campaign kita bisa memilih campaign mana yang paling efektif.

Adapun untuk adsets atau materi iklan kita bisa menduplikasi adsets atau materi iklan terbaik dari campaign yang telah kita buat, cara menduplikasi bisa kita lakukan di power editor yaitu kita memilih adsets atau materi iklan (text dan gambar) mana saja yang memiliki tingkat klik paling banyak.

Kita juga bisa menambahkan budget harian dari winning campaign yang kita miliki misalnya kita bisa naikan budget dari Rp 50.000 /day ke Rp 100.000/day lakukan penaikan budget ini secara berkala agar tidak menimbulkan error ( ads manager error ), maksudnya jangan kita lakukan penaikan budget terlalu ektrem misal dari Rp 50.000 /day menjadi Rp 500.000 /day , lakukan semuanya secara perlahan-lahan.

Dan bukan berarti apabila kita menaikan budget iklan otomatis ROI atau Profit juga ikut naik, bisa jadi apabila kita menaikan budget iklan malah justru kita menjadi rugi, oleh karena itu kita harus benar-benar jeli saat kita hendak menaikan budget iklan.

Optimasi lainnya kita bisa membuat campaign menggunakan data-data yang cukup baik akan tetapi tidak sebaik data-data yang telah kita pilih sebelumnya, misalnya untuk rentang umur yang memiliki interaksi terbaik adalah 24-35 sedangkan yang kedua adalah rentang 36-45, maka kita bisa membuat campaign lagi dengan mentarget rentang umur 36-45 tersebut.

Atau menurut data yang kita dapat dalam testing iklan kota yang memiliki interaksi terbaik adalah Jakarta setelah itu bandung, maka untuk winning campaign yang kedua ini kita bisa mentarget bandung dan yang lainnya, Lakukan langkah-langkahnya seperti membuat campaign sebelumnya sampai kita menemukan winning campaign baru sedangkan untuk  adset kita bisa tetap mengguakan materi yang terbaik sebelumnya.

Ingat, saat kita mengoptimasi winning campaign yang telah kita miliki kita juga harus memperhatikan data-data penjualan yang terjadi untuk produk atau jasa yang kita promosikan tersebut,  karena inti dari optimasi iklan adalah kita  menemukan iklan yang banyak menghasilkan penjualan bukan hanya sekedar mendapatkan iklan yang murah dan klik yang banyak.

Retargeting–  Retargeting adalah iklan yang mentarget kembali audiens atau visitor yang telah mengunjungi website yang kita miliki, dengan teknik retargeting kita bisa mentarget visitor yang benar-benar mengenal atau memiliki ketertarikan terhadap website kita.

Beberapa tujuan atau manfaat dari teknik retargeting:

Mentarget orang-orang yang belum membeli produk yang kita promosikan– ketika kita sedang mempromosikan suatu produk atau jasa maka visitor-visitor yang dihasilkan dari iklan yang jalankan belum tentu langsung membeli produk atau jasa tersebut di hari yang sama.

Bisa jadi ketika mereka melihat halaman penawaran dari produk atau jasa yang anda iklankan mereka belum memiliki uang atau belum memiliki waktu yang memungkinkan untuk melakukan transaksi pembelian.

Dengan teknik retargeting ini kita bisa mengingatkan kembali mereka yang telah mengunjungi halaman web dari produk atau jasa yang kita tawarkan sehingga mereka bisa segera membeli produk atau jasa yang kita tawarkan tersebut.

Biasanya Teknik ini ditujukan apabila iklan yang kita jalankan memiliki banyak visitor atau pengunjung akan tetapi konversi penjualan dari visitor tersebut masih sedikit, sehingga kita bisa optimalkan agar konversi penjualan dari visitor tersebut meningkat.

Target semua orang yang telah mengunjungi situs web kita–  Dengan Retargeting Kita juga bisa mentarget semua orang yang telah mengunjungi situs web kita, ini biasanya dilakukan agar kita menjadi lebih dekat dengan visitor webtersebut.

Kita juga bisa menggunakan retargeting apabila kita memiliki produk atau jasa yang terbaru, sehingga orang-orang tersebut mengetahui dan sangat memungkinkan untuk melakukan pembelian karena mereka telah memiliki keterkaitan dengan website yang kita miliki.

Duplikasi–   Setelah kita mendapatkan beberapa winning campaign baik itu dari materi iklan (adsets) atau target market (audiens) dan kita juga telah mendapatkan keuntungan dari penjualan produk atau jasa yang kita iklankan maka langkah selanjutnya kita dupllikasi teknik dan strategi iklan  tesebut untuk mendapatkan hasil yang lebih besar lagi.

Ada beberapa teknik duplikasi yang bisa kita lakukan diantaranya adalah:

Kita menduplikasi strategi iklan yang telah kita terapkan untuk mendongkrak penjualan produk yang sama, maksudnya kita mencari target market atau audiens baru dengan cara yang sama seperti sebelumnya sampai menemukan kembali winning campaign yang mampu menghasilkan penjualan.

Misalnya pertama kita menjual produk-produk sepak bola ke target market atau audiens seputar pencinta club sepak bola, maka kita bisa membuat target market baru ke target market atau audiens seputar brand atau produk sepakbola yang sudah terkenal atau seputar situs web terkenal yang membahas seputar sepakbola dll.

Teknik dupllikasi lainnya adalah kita menawarkan produk berbeda ke target market yang sama, jadi kita bisa membuat campaign baru dengan target market yang sama dengan sebelumnya (bisa duplicate di power editor) namun menawarkan produk yang berbeda.

Jadi kita hanya mengedit url tujuan dan adsets (materi iklan) yang tentu disesuaikan dengan produk baru yang kita promosikan, misal sebelumnya kita mempromosikan produk baju bola maka kita bisa membuat campaign baru  untuk mempromosikan sepatu bola atau produk lainnya.

Lakukan langkah-langkahnya seperti sebelumnya sampai kita menemukan winning campaign yang bisa menghasilkan penjualan, kemudian kita bisa menduplikasi terus sampai kita mendapatkan profit yang diinginkan.

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Pembelajaran ini Dibuat Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Urutan Belajar Internet Marketing Bisa Dilihat di : https://belajarinternetmarketing.net/

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *