Kenapa Anda Harus Memiliki Website?

Website sama halnya seperti toko dan karyawan tetapi dapat bekerja untuk Anda selama 24 jam, 7 hari non stop. Banyak pemilik bisnis ragu untuk membuat website, biasanya keraguan tersebut dikarenakan belum sadarnya mereka akan manfaat dari memiliki sebuah website, atau tidak mempunyai budget untuk membuat website padahal untuk membuat sebuah website itu murah sekali. Kenapa di luaran harganya bisa mahal? simpel, karena kita membayar jasa pembuatannya.
Apa Saja Kelebihan Website?

Banyak perusahaan ataupun pengusaha ragu untuk membuat website, hal ini dikarenakan belum sadarnya akan manfaat dari memiliki sebuah website/ situs atau bahkan tidak memiliki budget untuk membuat situs. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki sebuah situs, di antaranya di era digital ini banyak orang menggunakan internet untuk mendapatkan informasi mengenai sebuah produk atau jasa. 

Memiliki website akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan calon customer Anda. Selain itu dengan website kita bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan, hanya berbekal koneksi internet saja. Selain itu membuat website tidak dibutuhkan biaya yang besar dan bahkan boleh dibilang sangat murah dan dapat kita buat sendiri tanpa harus menguasai coding atau bahasa program untuk membuat website. Jadi apakah Anda siap untuk membuat website Anda sendiri?

Tahapan Dalam membuat Website

Berikut beberapa tahapan dalam membuat sebuah website:

  1. Menentukan Tujuan Pembuatan Website (Planning).
  2. Menentukan Domain dan Hosting.
  3. Menentukan Platform Website/ CMS yang akan digunakan untuk membuat website.
  4. Instalasi Website.

Di sini saya akan membahas lebih detail hal-hal yang bersifat teknis untuk membuat sebuah website karena untuk membuat planning masing-masing orang akan memiliki planning yang berbeda-beda tetapi yang terpenting dari semua itu adalah Anda menentukan alur website, karena hal ini nantinya akan membantu Anda untuk mendesain website Anda.

Dan jika Anda mengikuti step-step berikut ini, hanya dalam 5 menit Anda sudah memiliki website Anda sendiri.

Menentukan Domain dan Hosting

Tahapan setelah menentukan planning dan alur website adalah membuat domain dan menyewa hosting. Untuk penjelasan apa itu domain dan hosting kalian bisa klik di sini. Di sini saya menggunakan domain dan hosting domainesia, kenapa domainesia? karena harganya murah tetapi kualitasnya bagus, dan cocok untuk kalian yang baru belajar membuat website.  Oh ya ada promo diskon 20% untuk hosting di domainesia.

Berikut caranya:

1. Klik URL disamping >> domainesia.com 

2. Pilih domain yang kalian inginkan sebagai alamat website, ketik nama domain yang kalian mau buat kemudian klik cari untuk mengecek apakah domain tersebut masih tersedia. Setelah keluar beberapa hasilnya scroll ke bawah dan klik lihat domain selengkapnya.

Domainesia home screen
Pilihan Domain

3. Pilih domain yang masih tersedia dan selanjutnya temen-temen bisa klik pesan paket hemat untuk membeli domain tersebut beserta hostingnya.

Paket Hemat domainesia

4. Kalian dapat menentukan besar paket hosting yang mau dibeli, untuk awal-awal 2GB sudah cukup untuk membuat sebuah website. Selain itu bisa menentukan lokasi server dan mau menyewa hosting selama berapa lama.

paket hemat hosting domain ok

5. Setelah kalian masukkan ke dalam troli, tinggal menyelesaikan pembayarannya. Oh ya ada diskon 20% untuk paket hosting domainesia ini, kalau belum dapet diskon 20% kalian bisa gunakan kode kupon berikut ini ya supaya bisa dapat diskon 20% selamanya untuk hosting domainesia. Berikut kode kuponnya: BELAJAR-INET20

kupon promo domainesia
Menentukan CMS & Instalasi Website

Setelah domain dan hosting siap langkah berikutnya adalah instalasi di hosting, di sini saya menggunakan CMS WordPress. WordPress merupakan CMS yang sangat populer dan 80% lebih website yang ada di dunia menggunakan wordpress. Berikut cara instalasinya:

1. Login to domainesia dashboard

2. Setelah masuk di dashboard temen-temen klik Services yang ada di sebelah kiri atas kemudian klik domain kalian seperti gambar di bawah ini:

Belajar Cara Membuat Website Sederhana dengan WordPress untuk Pemula

3. Kemudian kalian pilih access dan klik login to cpanel seperti gambar di bawah ini.

Belajar Cara Membuat Website Sederhana dengan WordPress untuk Pemula

4. Kemudian kalian scroll dan cari Softaculous Apps Installer, atau pada kolom pencarian ketikkan “Softaculous”

softaculous_apps_inst

Maka anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous kemudian pilih WordPress.

Softa_wordpress

Setelah itu kalian akan masuk ke halaman WordPress di Softaculous. Anda dapat melihat fitur wordpress, beberapa screenshots, review dan sebagainya. Pilih Install Now untuk melakukan proses instalasi.

Instalasi WordPress

Setelah itu, kalian bisa isi beberapa konfigurasi. Pertama, pada kolom software setup di bagian choose protocol, kalian bisa pilih https:// jika ingin menggunakan SSL. Jika tidak, biarkan default https://. Pada bagian choose domain, isikan nama domain yang anda miliki. Domain ini akan menjadi domain dari website wordpress yang akan dibuat. Lalu kosongkan pada bagian in directory, agar website wordpress terinstall di dalam domain langsung.

set up wordpress

Buat username dan password dari wordpress untuk mengakses backend website. Username dan password ini nantinya digunakan pada saat login di wp-admin atau di wp-login. 

create admin username

Berikan tanda centang pada Limit Login Attempts yang berfungsi untuk membatasi login user wordpress agar website menjadi lebih aman.

setup wordpress ok

Setelah itu kalian klik Install. Setelah proses selesai kalian sudah memiliki website kalian sendiri dan sudah aktif. Tinggal kalian melanjutkan untuk mendesain websitenya sesuai dengan planning yang telah kalian buat sebelumnya. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya