Apa Artinya Digital Marketing dan Fungsinya

Apa Artinya Digital Marketing dan Fungsinya

Apa Artinya Digital Marketing dan Fungsinya

Buat temen-temen yang bertanya-tanya apa artinya digital marketing dan fungsinya untuk apa? Di postingan kali ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Digital Marketing menurut pengertian dasarnya adalah memasarkan melalui platform digital. Apa saja yang dipasarkan? bermacam-macam jenisnya, bisa saja barang dan jasa. Bahasa sederhananya adalah kita beriklan tetapi melalui internet.

Platformnya apa saja min? Platform digital dibagi menjadi dua bagian yaitu media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Line dan Website. Melalui media sosial ada yang berbayar ataupun yang tidak berbayar. Untuk yang berbayar di facebook bisa dengan membuat facebook ads, sedangkan untuk di instagram ada beberapa cara bisa dengan IG ads, giveaway, ataupun endorse. Untuk penjelasan giveaway temen-temen bisa lihat postingan saya sebelumnya.

Digital Marketing melalui Whatsapp dan Line

Sedangkan untuk Whatsapp dan Line ini gratis untuk saat ini, karena ke depan whatsapp akan memberlakukan beriklan di aplikasi whatsapp. Kok bisa gratis? ya karena kita cukup mengupdate status kita atau bisa juga dengan mengirimkan chat untuk orang yang ingin kita tawarkan produk/jasa. Cara mengirimkan chat secara langsung ini cukup riskan untuk di banned oleh whatsap. Kenapa karena kita tidak kenal dengan orang yang kita tuju dan kontak kita tidak terdaftar di handphone mereka, karena itu cara ini sangat beresiko.

Idealnya adalah kita mengirimkan chat kepada orang2 yang sudah sering kita ajak ngobrol di whatsapp. Oh ya untuk whatsapp ada juga yang berbayar, dengan menggunakan aplikasi. Kita harus membeli aplikasinya, trus aman ga kalau pakai aplikasi? Tidak juga, walaupun menggunakan aplikasi tetap beresiko terkena banned. Karena itu ketika menggunakan aplikasi biasa dihimbau untuk tidak menggunakan nomor pribadi. Cara promosi di Line sama dengan ketika promosi melalui Whatsapp, bedanya Line banyak digunakan oleh kawula muda.

Melalui media Website

Berikutnya adalah melalui media website, dalam hal ini bisa dengan beriklan di google menggunakan google ads. Selain google ads bisa juga dengan memanfaatkan website-website yang sudah terkenal dan kita beriklan dgn memasang banner di website tersebut, untuk contohnya temen-temen bisa lihat website seperti detik.com ataupun kompas.com dan masih banyak website lainnya.

apa artinya digital marketing
contoh iklan konvensional

Nah sekarang apa kelebihan dari digital marketing dibanding dengan marketing konvensional? yang pasti adalah digital marketing memiliki biaya yang jauh lebih murah dan bisa menjangkau lebih luas dibanding iklan konvensional/ marketing konvensional seperti brosur dan flyer.

Buat temen-temen yang tertarik untuk belajar digital marketing/ internet marketing ada komunitas internet marketing yang bisa menjadi tempat buat temen-temen belajar internet marketing. Bayar ga min? Ada kelas gratisnya kok temen-temen. Kelas gratisnya diadakan seminggu 2 kali setiap hari Selasa pk. 20.00 WIB dan hari Rabu pk. 13.30 WIB via youtube, jadi temen-temen berada dimana aja tetap bisa ikut kelas ini kecuali ga ada signal ya hehehhehe… Jadi pastikan ada koneksi internet untuk ikut kelasnya. Nah untuk daftar kelas gratisnya temen-temen bisa klik gambar di bawah ini.

Leave a Reply