Search Engine Warning

Seperti diketahui, semakin hari search engine semakin terus memperbaiki system dan alghoritmanya, hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas pencarian yang lebih relevant sesuai dengan kata kunci yang dibidik oleh pengguna, sehingga tindakan yang bertujuan untuk mempengaruhi hasil pencarian (termasuk seo) menjadi hal yang dibencinya terutama bagi website-website yang memiliki kualitas konten rendah.

Artinya untuk kita yang ingin melakukan optimasi mesin pencari (seo) harus berhati-hati jangan sampai tindakan kita terdeteksi oleh search engine sebagai tindakan yang berusaha mempengaruhi hasil pencarian sehingga bisa membuat search engine memberikan poin negative bahkan mendapat penalty.

Oleh karena itu kita harus mempelajari tentang apa saja yang bisa menjadi warning bagi pelaku seo di mata search engine juga kita akan mempelajari seperti apa dampaknya serta  bagaimana cara meminimalisir bahkan mencegah warning tersebut, search engine yang sering memberikan warning bagi pelaku seo adalah google jadi kita akan lebih spesifik membahas seputar serach engine google.

Mengenal Alghoritma Google

Search Engine Warning

Tidak ada orang yang tahu secara spesifik bagaimana alghoritma setiap search engine bekerja termasuk alghoritma google, akan tetapi kita bisa mempelajari kecenderungannya agar kita bisa mengetahui apa saja yang harus kita lakukan untuk menghadapi alghoritma tersebut.

Biasanya apabila ada perkembangan terbaru dari alghoritmanya tersebut biasanya google mengumukannya secara resmi, jadi kita bisa mengetahui apa saja perubahannya, apa dampaknya dan apa yang harus kita lakukan. Berikut beberapa alghoritma google yang sedah popular diketahui oleh banyak orang:

Google panda

Google panda adalah alghoritma yang berfungsi untuk menilai konten yang ada didalam suatu website terutama website-website yang sudah ada dihalaman pertama google, hal ini untuk memastikan situs-situs yang berda di halaman pertama google memiliki konten yang berkualitas.

Untuk menghadapi alghorima ini kit cukup  memberikan posting yang berkualitas dan memiliki manfaat bagi visitor web kita, berikan juga konten yang lengkap dan unik agar visitor web mendapatkan manfaat yang banyak dari wensite kita.

Google Panda  è qualitas konten website

Google penguin

Google penguin adalah alghoritma google yang berfungsi untuk memerangi website yang melakukan optimasi offpage secara berlebihan / sangat tidak natural dan tidak sesuai dengn pedoman webmaster google, biasanya google penguin mentarget backlink yang dimiliki oleh sebuah halaman website yang dibuat secara massive.

Untuk menghadapi alghoritma google penguin ini kita cukup melakukan teknik offpage seo dengan hati-hati atau dilakukan tidak terlalu massive serta anchor text backlink yang dibuat lebih beragam tidak hanya membuat anchor text sesuai keyword yang ditarget.

Google Penguin  è  optimasi offpage berlebihan / backlingking yang spammy

Google hummingbird

Google hummingbird adalah alghoritma yang bertujuan untuk mengolah data dari website-website yang ada didalam index google, setelah itu berusaha memahami makna dari setiap konten yang ada didalamnya sehingga membuat hasil pencarian di search engine tidak hanya berdasarkan kata tetapi juga berdasarkan makna.

Misal kita mengetikan kata “ ibu kota Indonesia “, maka akan muncul hasil pencaarian yang mendeskripsikan seputar Jakarta, alghoritma ini membuat hasil pencarian lebih manusiawi serta kemungkinan akan lebih baik lagi dikemudian hari.

Sebenarnyam masih banyak alghoritma lainnya yng dimiliki oleh google , akan tetapi efeknya tidak terlalu significant terutama bagi pelaku SEO.

Google Punishment

Setelah kita mempelajari secara garis besar tentang alghoritma google yang bekerja sesuai fungsi dan karakter masing-masing, sekarang kita akan mempelajari hukuman yang diberikan oleh google kepada website-website yang dianggap melanggar kebijakan webmaster google.

Hukuman google ini lebih dikenal dengan istilah google penalty, apabila anda pelaku seo pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.. dan untuk anda yang baru memulai melkukan teknik seo maka anda harus sudah terbiasa dan siap dengan yang namanya google penalty.

Banyak pelaku seo yang sudah terbiasa website yang dioptimasinya mengalami penalty atau hukuman dari google, hal ini merupakan resiko yang harus dihadapi oleh semua pelaku seo, akan tetapi dengan kita mempelajari macam-macam penalty google , kita bisa mencegah penalty tersebut menghampiri situs yang kita optimasi.

Sama seperti halnya hukuman di dunia nyata, hukuman yang dimiliki google juga memiliki beberapa tingkatan, ada yang berat, sedang dan ringan, yang mana semua tingakatan hukuman tersebut diberikan sesuai pelanggaran yang dilakukan oleh masing-masing website.

Beberapa istilah yang popular didalam google penalty:

Google Dance

Google dance adalah tindakan yang dilakukan oleh Google dengan cara menaik turunkan posisi ranking dari suatu halaman website di hasil pencarian, hal ini biasanya dilakukan terhadap website-website baru yang belum memiliki kepercayaan di mata search Google.

Website-website ini biasanya masih dalam uji coba,  google menilai Apakah website tersebut layak atau tidak dimasukkan ke halaman hasil pencarian, jadi untuk Anda yang mengalami hal seperti ini di saat membangun sebuah website baru maka ini adalah wajar dan tidak perlu risau.

Anda tetap melakukan posting artikel seperti biasa sebanyak mungkin sambil memperkuat halaman homepage dengan backlink yang berkualitas, dan Ketika halaman web anda semakin kuat maka dengan sendirinya Google akan memberikan ranking yang lebih baik lagi.

Google Sandbox

Google sandbox  adalah kejadian dimana suatu halaman website yang sudah cukup baik di dalam peringkat hasil pencarian tiba-tiba terlempar entah ke peringkat berapa sehingga trafik website menghilang, akan tetapi index website disebut masih ada.

Ini biasanya terjadi karena suatu halaman website mengalami pergerakan rangking yang cepat dalam waktu yang singkat misalnya dalam waktu 1 minggu suatu halaman website melesat naik dari posisi 100 ke posisi 5, hal itu menimbulkan kecurigaan dari algoritma search engine.

Sehingga google memberikan hukuman sementara atau pihak Google akan melakukan review manual terhadap halaman website tersebut terutama dari backlink yang dimiliki oleh website tersebut, biasanya ketika halaman web saya kita tidak dianggap spam maka peringkat atau ranking di hasil pencarian akan kembali naik walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Google Deindex

Google deindex sudah tidak asing lagi di kalangan pelaku SEO apalagi untuk orang yang melakukan tindakan yang nyata-nyata bertentangan dengan T.O.S google seperti melakukan masive link building, auto generated konten atau tindakan Blackheat lainnya.

Deindex sendiri adalah tindakan yang dilakukan oleh Google dengan menghapus semua index dari website yang terkena hukuman tersebut, hal ini dilakukan karena website tersebut melakukan tindakan yang benar-benar parah bahkan Google sampai memblacklist Nama domainnya.

Jadi apabila nama domain yang telah dipindah ke tersebut didapatkan ulang atau dibuat ulang dari awal maka tetap tidak akan diindeks oleh Google walaupun pendaftaran domain tersebut dilakukan oleh pemilik yang baru.

Untuk situasi tertentu deindex juga bisa berakibat kepada seluruh domain yang ada di hosting atau akun domain yang sama dengan domain atau website yang terkena deIndex. Cara mengetahui sebuah domain deindex atau tidak adalah dengan cara mencari tahu index dari domain tersebut dengan mengetik  site:namadomain.com

Sebab-sebab terkena google penalty:

Over internal Link

Over internal link adalah terlalu banyaknya internal Link yang dimiliki oleh sebuah halaman website, biasanya ini dilakukan agar halaman-halaman yang diberi link tersebut mendapatkan ranking yang lebih baik.

Internal link Sebenarnya cukup baik untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada visitor website, karena dengan adanya internal link kita bisa memberitahukan artikel artikel terkait yang bisa menambah informasi visitor website tersebut.

Spam link website

Spam link website adalah website yang tidak memiliki konten sama sekali atau hanya sedikit konten yang ada di dalamnya akan tetapi halaman tersebut hanyalah berisi banyak link-link yang mengarah ke beberapa halaman website.

Biasanya spam link website ini digunakan untuk memberikan backlink kepada website-website lain yang akan dioptimasi, akan tetapi karena sedikit sekali informasi atau konten yang ada di dalamnya maka spam link ini cenderung akan mendapatkan pinalti dari Google.

Massive link building

Masive link building adalah teknik membuat backlink yang banyak dalam waktu singkat, yang dilakukan untuk menaikkan rangking di halaman pencarian, masive link building ini hampir bisa dipastikan dilakukan oleh Boots atau software seperti gsa, senuke dll.

Sebenarnya Masive link building bisa dilakukan dengan aman asalkan proses indexing tidak dipaksakan atau proses indexing dilakukan secara manual oleh searche engine itu sendiri namun ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memberikan Efek terhadap rangking.

Duplikat konten

Google sangat menginginkan website website yang ada di halaman pencariannya memiliki konten yang unik karena konten duplikat hanya akan memberikan informasi yang sebelumnya sudah ada sedangkan Google membutuhkan konten-konten baru untuk memberikan pilihan kepada orang yang melakukan pencarian.

Over optimasi keyword

Ketika kita mentarget sesuatu keyword diusahakan keyword tersebut ada di dalam artikel kita hal ini bisa membuat relavansi antara keyword dan konten halaman web sehingga bisa mempermudah web kita mendapatka rangking di keyword tersebut.

Akan tetapi apabila terlalu banyak keyword yang kita masukkan di dalam artikel atau konten halaman web, ini bisa membuat kita dianggap spam dan sangat sangat memungkinkan untuk mendapatkan penalty google.

Anchor text yang tidak beragam

Anchor text dari backlink bisa berpengaruh terhadap ranking, ketika backlink kita memiliki anchor text berupa keyword yang dibidik ini bisa mempermudah mendapatkan ranking yang baik untuk keyword tersebut.

Akan tetapi apabila backlink yang dimiliki suatu halaman website memiliki anchor text hanya berupa keyword yang dibidik, ini bisa membuat curiga search engine sampai-sampai bisa membuat search engine memberikan penalty.

Jadi ketika kita membuat backlink hendaknya anchor text dari backlink tersebut dibuat seberagam mungkin, seunik mungkin, anchor text yang berupa keyword jangan terlalu banyak sesuaikan saja, kira-kira 30% dari total bcklink.

Silahkan share pembelajaran ini ke keluarga atau teman-teman anda, siapa tahu mereka membutuhkan ilmunya.

Salam Sukses Berkah

Artikel Pembelajaran ini Ditulis Oleh : Agil Nie Ardiyan

Tentang Agil Nie Ardiyan : Lahir di Majalengka Pada 17 Oktober 1992, Bergelut di dunia Internet Marketing Sejak tahun 2014 ketika masih menjadi karywan di PT. Astra Honda Motor Jakarta.

Rutinitas Saat Ini :

Pengajar Tahfidz Al-qur’an di SDIT AL-AFIYAH Majalengka

Kontributor di Situs UniversitasIslam.com

Kontributor di Situs Fiqih.Net

Kontributor di Situs Aqidah.Net

Kontributor di Situs BelajarInternetMarketing.Net

Konsultasi Gratis Seputar Internet Marketing Hubungi : 

Email :  Konsultasi@BelajarInternetMarketing.net

Kritik dan saran seputar pembelajaran ini hubungi : 

Email  :  Kelas-Gratis@BelajarInternetMarketing.net

” Save kedua Email di atas ke dalam kontak email anda, biar email pembelajaran yang kami kirim tidak masuk ke folder SPAM.  “

Urutan Belajar Internet Marketing Bisa Dilihat di : https://belajarinternetmarketing.net/

Like FP Belajar Internet Marketing dot Net : https://www.facebook.com/Belaj…

Belajar Internet Marketing di Group Facebook : https://www.facebook.com/groups/365837620896877

Tentang Belajar Internet Marketing.net | Situs BelajarInternetMarketing.net adalah situs pembelajaran Internet Marketing gratiss yang bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan kepada masyarakat tentang manfaat teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan bisnis dan usaha, sehingga harapannya lebih banyak masyarakat indonesia yang bisa memanfaatkan media IT ini untuk menunjang perkembangan bisnis dan usaha yang mereka jalankan dan pada akhirnya bisa membuka lapangan pekerjaan baru serta menumbuhkan perkonomian masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *